Berbagai Jenis dan Manfaat dari Tabungan, Mulai Dari Tabungan Usaha Hingga Tabungan Haji

August 07, 2019

Tabungan sepertinya menjadi sebuah keperluan bagi hampir kebanyakan orang pada saat ini, hampir semua orang memiliki tabungan di sebuah bank dengan berbagai tujuan. Tabungan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu investasi, mengimpan uang untuk keperluan yang sudah direncanakan hingga untuk keperluan mendadak yang bisa digunakan kapan saja. Terlebih lagi untuk orang-orang yang memiliki usaha atau bisnis, tabungan merupakan hal wajib dimiliki karena mempunyai berbagai macam manfaat demi kelancaran usaha/bisnis.

Tabungan Usaha

Maka dari itu seseorang yang sedang menjalankan usaha atau bisnis memerlukan yang namanya Tabungan Usaha atau Tabungan Bisnis, tabungan usaha merupakan simpanan yang diperuntukkan bagi perorangan maupun badan usaha yang penarikannya dapat dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu yang telah disepakati. Tabungan usaha atau bisnis ini memiliki beberapa syarat dan ketentuan untuk dapat menggunakan tabungan jenis ini, misalnya memiliki badan usaha atau ikatan perkumpulan yang berbasis pada usaha bisnis, memiliki besaran setoran awal dan bulanan tertentu sesuai dengan yang telah disepakati, dan lain sebagainnya. 

Adapun beberapa manfaat dari tabungan usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan penggunanya, yaitu :
  1. Keamanan yang Terjamin : Tentu saja alasan seseorang untuk menabung di bank yang paling utama adalah jaminan keamanannya, kita tidak perlu khawatir lagi akan masalah keamanan uang kita
  2. Dapat Mengontrol Keuangan : Dengan tabungan ini kita dapat mengontrol keuangan kita dengan baik misalnya menyimpan hasil keuntungan dari usaha yang kita jalankan yang kemudian jika sudah terkumpul akan dijadikan modal untuk memperbesar usaha atau bisnis kita
  3. Transaksi Lebih Jelas dan Lengkap : Alur pengeluaran dan pemasukan uang hingga transaksi yang kita lakukan akan lebih jelas dengan menggunakan tabungan jenis ini, tentu ini akan sangat membantu seseorang yang sedang menjalankan sebuah usaha atau bisnis.
Selain tabungan usaha atau bisnis, tabungan itu sendiri juga memiliki berbagai macam jenis sesuai dengan keperluan, yaitu ; 

- Tabungan Konvensional : Dengan tabungan ini kita dapat melakukan tarik tunai, penyetoran secara tunai, bayar tagihan, dan lain-lain. Tabungan ini memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat digunakan oleh nasabahnya seperti E-Banking, I-Banking, SMS Banking dan ATM.

- Tabungan Haji : Tentunya tabungan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya umat muslim yang berencana menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Sebelumnya, jika berencana berangkat tentunya dapat menyetorkan uang pada bank tertentu sesuai besaran biaya yang harus disetor setiap bulannya, setelah itu kita dapat mendaftarkan diri ke Kementerian Agama untuk keberangkatan haji sembari melunasi biaya haji yang sudah ditentukan kepada pihak bank.

- Tabungan Pendidikan : Tabungan ini merupakan tabungan berjangka yang biasanya memiliki durasi selama 2 tahun atau lebih. Kita harus menyetorkan dana yang ditujukan untuk pendidikan tersebut setiap bulannya hingga jatuh tempo. Fitur yang ada pada tabungan pendidikan ini biasanya asuransi jiwa.

- Tabungan Mata Uang Asing : Tabungan ini cukup banyak diminati saat ini, karena nilai tukar dollar ke rupiah cukup tinggi, selain itu tabungan jenis ini juga merupakan sebuah bentuk investasi dimana kita dapat membeli mata uang Dollar pada saat harganya turun dan menjualnya kembali pada saat harga Dollar naik.

- Tabungan Investasi Deposito : Bagi sebagian orang yang masih awam dalam investasi, dapat memulai dengan membuka tabungan investasi deposito ini, karena jenis tabungan ini menawarkan bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa lainnya, namun tabungan deposito ini memiliki jangka waktu tertentu yang cukup lama agar dapat melakukan penarikan.

You Might Also Like

2 komentar

  1. krn kerja di bank, aku sendiri punya bbrp tabungan di atas :D. sengaja memang aku bedain tabungan biasa, ama tabungan utk keperluan tertentu, supaya ga kepake dan ga nyamur. alurnya jd jelas.. apalagi utk bisnis, wajib dipisahin, krn itu sbnrnya aturan OJK kok mba. ga boleh campuradukin tabungan personal utk keperluan bisnis. bank tempat aku kerja ketat soal begitu. Kita pernah minta nasabah utk close rekening dia, krn berkali2 dipke utk keperluan bisnis. krn memang itu ketat aturannya. tujuannya sih utk menghindari jgn sampe nasabah melakukan tax evasion :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. ilmu baru nih, bener juga ya, mesti dipisahkan.. karena tax nya juga beda ya. Makasih banyak mbak penjelasan nya, aku sempet bingung nulis tentang tabungan bisnis ini karena minim sumber 🙏🙏

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe