5 Hal Penting di Dunia Street Photography yang Wajib Diketahui Siapa Saja

August 26, 2019

Street photography (nyetrit) di kalangan pencinta fotografi adalah kegiatan yang cukup digemari. Nyetrit adalah kegiatan memotret di area publik secara spontan (tanpa pengarahan) yang mengutamakan objek anonim, seperti warga yang berlalu-lalang, rambu lalu lintas, ruang dan bentuk, sampai yang bernuansa humor.




Saat nyetrit, kita tidak perlu kamera profesional. Semua orang bisa melakukan street photography, sekalipun hanya bermodalkan kamera smartphone. Tidak perlu menjadi fotografer profesional kalau kalian berminat nyetrit.
Nah, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan kalau kalian mau nyetrit.


1.                  Bawa Barang yang Penting Saja

Jangan terlalu banyak membawa barang kalau mau nyetrit. Tinggalkan barang-barang yang sekiranya tidak akan banyak membantu kegiatan kita. Saat nyetrit, kita akan sering berpindah tempat. Jadi, semakin sedikit barang yang dibawa, akan semakin mudah kita bergerak.
2.                  Lokasi Menentukan Segalanya

Pilihlah lokasi yang aman dan tidak mengganggu kegiatan orang lain di jalanan. Jangan memaksakan diri untuk memotret ketika situasi sedang padat dan berisik. Sekalipun ingin memotret di tempat yang ramai, kita harus mencari posisi yang aman supaya bisa mendapat hasil foto yang bagus dan keberadaan kita pun tidak mengganggu orang lain.
3.                  Maksimalkan Kreativitas

Nyetrit memang identik dengan hasil foto natural. Akan tetapi, bukan berarti kita hanya berdiam diri menunggu momen terbaik untuk datang sendiri. Gunakan ide kreatif kita, lalu ciptakan momen yang kesannya natural. Contohnya, memotret bayangan teman yang sedang berdiri di depan toko. Pilihlah angle terbaik agar hasil foto kita terlihat lebih berseni.
4.                  Candid tapi Sopan

Jika ingin memotret orang lain secara candid, biasakan untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan baik. Hal ini untuk menghindari adanya kesalahpahaman antara kita dan objek foto kita. Jangan lupa juga untuk ucapkan terima kasih dan sedikit pujian atas tampilannya yang menarik.
5.                  Smartphone Bisa Jadi Andalan

Momen terbaik datangnya tidak bisa diprediksi. Saat momen langka berkunjung di hadapan kalian, pastikan kamera kalian siap sedia. Bicara soal kesigapan, smartphone dengan kamera yang mumpuni bisa kalian jadikan andalan untuk mengabadikan momen-momen langka yang terjadi saat nyetrit.
Salah satu smartphone yang punya kamera berkualitas adalah OPPO Reno. Smartphone terbaru dari OPPO ini memiliki kamera utama ganda yang terdiri dari lensa utama beresolusi 48 MP dengan aperture f/1.79 dan sensor Sony IMX586 serta kamera sekunder sebagai kamera depth sensor beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.4. Kamera kedua ini bisa kita gunakan saat ingin menciptakan efek bokeh (background blur).
Selain itu, OPPO Reno juga menggunakan Pivot Rising Camera yang akan muncul di bagian atas. Saat muncul, bentuknya seperti sirip ikan hiu. Kamera depan OPPO Reno ini sudah dilengkapi soft light yang akan membuat foto selfie kita tampak natural.

OPPO Reno ditenagai oleh prosesor Snapdragon 710 dan didukung oleh RAM 6GB dan ROM 256GB dengan basis Android Pie 9.0. Kombinasi antara prosesor  dengan User Interface terbaru ColorOS 6 membuat kinerja handphone lebih optimal tapi tetap irit daya. Jadi, tetap bisa bekerja dengan cepat dan tangguh, OPPO Reno tetap irit baterai. Foto-foto pakai handphone bisa jalan teruus. Apalagi baterainya berkapasitas besar, yaitu 3.765mAh dan didukung fitur VOOC Flash Charge 3.0 yaitu teknologi pengisian daya cepat khas OPPO. Dalam kurun waktu 80 menit saja, baterai smartphone yang tadinya kosong bisa terisi penuh 100%.
OPPO Reno dibanderol dengan harga Rp7.999.000,-. Dengan fitur-fitur canggih yang mendukung beragam aktivitas kita, harga segitu sangatlah sepadan. Kameranya bisa memberikan hasil foto saat nyetrit terlihat lebih menarik! RAMnya yang lega dan prosesornya yang canggih membuat aktivitas kita dengan smartphone jadi lebih lancar! Belum lagi kecanggihan-kecanggihan lainnya yang bisa membuat kita semakin ingin memilikinya.
Nah, buat yang jatuh hati dengan OPPO Reno, silahkan cek informasi lebih lengkap di sini, ya, https://www.oppo.com/id/smartphone-reno/.

You Might Also Like

1 komentar

  1. merk hp kesayangankuuu :D. udh berapa thn ini aku pakenya oppo trus mba. dr f1, sampe skr f9+. pgn sih beli reno, tp hp f9 yg skr msh blm setahun :D.ntr kalo udh 2 thn, baru aku ganti dgn oppo yg lain. semoga oppo reno nya udh ada pengganti yg lbh komplit featuresnya

    ReplyDelete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe