Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

5 July 2019

Sebutir Telur Sehari Bebas Penyakit Jantung


Telur menawarkan beragam manfaat sehat. Salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Telur adalah makanan favorit banyak orang. Selain nikmat dan sehat, harga telur cukup terjangkau. Namun begitu, beberapa orang menghindari telur karena khawatir pada gangguan kesehatan, seperti bisulan hingga kolesterol tinggi. Padahal jika dikonsumsi dengan tepat, telur bisa menjauhkan Anda dari penyakit jantung.

Sumber : Globalestetik.com
Nutrisi dalam telur
Dengan mengonsumsi sebutir telur rebus, Anda sudah memenuhi 6% kebutuhan vitamin A, 5% asam folat, 7% vitamin B5, 9% vitamin B12, 15% vitamin B2, 9% fosfor, dan 22% kebutuhan selenium harian Anda.

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, telur juga memiliki vitamin D, E, K, B6, kalsium, dan zink. Relatif rendah kalori, telur juga mengandung tinggi protein (6 gram) dan 5 gram lemak sehat.

“Kandungan nutrisi dalam telur juga sering diperkaya dengan omega-3 pada jenis telur khusus yang dilabeli omega-3,” ujar dr. Karin.

Sebutir telur mengandung 5 gram lemak dan 212 mg kolesterol. Namun, jangan takut dan menjauhi telur. Menurut sebuah penelitian, 70% orang subjek penelitian tidak mengalami peningkatan kolesterol setelah mengonsumsi telur.

Sebaliknya, konsumsi telur terbukti dapat membantu meningkatkan kadar lemak baik dalam darah (HDL). Orang dengan kadar HDL yang tinggi memiliki risiko penyakit jantung yang rendah. Berdasarkan penelitian, konsumsi dua butir telur per hari selama 6 minggu dapat meningkatkan kadar HDL sebanyak 10%.

Selain itu, telur yang diperkaya omega-3 juga dapat menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat dalam tubuh selain LDL). Studi membuktikan bahwa mengonsumsi lima butir telur omega-3 per minggu dapat membantu menurunkan kadar trigliserida sebesar 16-18 persen.

Baik untuk jantung?
Selama ini telur dianggap jahat karena mengandung kolesterol dan dapat menyebabkan penyakit jantung. Namun, hal itu adalah keliru. Hal ini juga dibuktikan oleh gabungan 17 penelitian dengan total responden lebih dari 260 ribu orang. Para peneliti tidak menemukan hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung.

Studi di Cina yang melibatkan lebih dari 400 ribu orang juga menemukan hal yang sama. Bahkan, orang yang sering mengonsumsi telur memiliki risiko penyakit jantung 18% lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang atau tidak mengonsumsi telur.

Kini, jangan takut lagi untuk mengonsumsi telur. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah wajar, telur bisa memberikan nutrisi seperti protein dan lemak yang baik bagi tubuh. Dan tentunya, sebutir telur menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung.


No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)