Shovya.Com

Blog Personal Shovya yang membahas tentang beauty dan lifestyle

29 July 2019

Langkah-langkah Membersihkan Wajah Untuk Tipe Kulit Berminyak

Hallo, apa kabarnya beauties? semoga semuanya dalam keadaan sehat ya.

Masing-masing orang memiliki tipe kulit wajah yang berbeda, ada yang kering, normal, hingga berminyak. Aku sendiri memiliki jenis kulit wajah yang berminyak yang otomatis tipe kulit seperti ini bikin rentan banget jerawatan, bener ga?


Saat aku SMA, kuliah hingga beberapa tahun bekerja masih ga terlalu peduli dengan perawatan wajah, setiap hari hanya menggunakan sabun cuci muka dan bahkan lupa untuk cuci muka menggunakan sabun cuci muka, sering juga cuci muka pakai sabun badan wkwk.

Hasilnya apa? alhasil wajahku kusam, pori besar, banyak bekas jerawat dan flek hitam tentunya berhamburan dimana-mana akibat dulu panas-panasan ga pernah pakai yang namanya sunscreen alias tabir surya. Baru nyesel sekarang kan? Penyesalan sekarang tuh udah ga ada gunanya lagi, yang ada cuma mikirin gimana caranya agar wajah dengan tipe kulit berminyak ini ga kusam lagi dan mengurangi pori besar, keluhan jerawat hingga mengontrol minyak di wajah.

Beberapa tahun ini aku melakukan ritual (halah) lebih dibanding sebelumnya untuk membersihkan wajah aku yaitu dengan double hingga triple cleansing untuk harian, mungkin kalian punya masalah yang sama dengan aku? Yuk kita saling share disini 😏

STEP 1

Membersihkan Sisa Make Up dengan Micellar Water atau Make Up Remover

Setiap sehabis keluar rumah walaupun hanya menggunakan bedak tipis dan pelembab aku selalu membersihkannya dengan micellar water agar ga ada sisa-sisa bedak atau make up yang masih menempel di kulit wajah yang berpotensi menutup pori-pori wajah hingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Garnier Micellar Cleansing Water
Safi Purifying Makeup Remover


Micellar Water yang aku gunakan untuk tipe kulit berminyak sepertiku adalah micellar water yang khusus for oily and acne-prone skin seperti produknya Garnier yang kemasan biru dan make up remover dari Safi yang ringan banget di wajah karena berbahan dasar air dan non-alcohol.

STEP 2

Mencuci Wajah dengan Facial Wash dan Scrub

Biasanya setelah membersihkan wajah dengan make up remover atau micellar water aku langsung cuci muka dengan facial wash, facial wash yang digunakan dapat aku gunakan untuk semua jenis kulit dan jika wajah lagi berminyak parah dan berjerawat aku gunakan facial wash yang oil control dan anti acne.

Safi White Expert
Jika wajah terasa sedang kusam atau habis terkena debu yang banyak, aku lanjutkan menggunakan scrub ke wajah agar sisa-sisa debu dan kotoran yang masih menempel di pori-pori terangkat hingga bersih. Carilah scrub yang lembut dan butirannya ga terlalu besar karena akan berpotensi melukai wajah apalagi jika wajah sedang breakout.

STEP 3

Gunakan Toner untuk Mengangkat Residu-residu dan Agar Skincare yang Akan digunakan Terserap Sempurna

Raiku Brightening Toner
Toner menurut aku salah satu yang paling penting, karena sisa-sisa kotoran akan masih ada yang menempel di kulit wajah, aku menggunakan toner yang memiliki kandungan AHA nya agar dapat mengangkat kotoran yang ada di permukaan kulit wajah dan it's work loh, pasti selalu saja ada kotoran yang terjaring di kapas toner aku walaupun sudah cuci muka.

STEP 4

Wajah Siap Untuk Skincare Berikutnya

Setelah 3 ritual diatas, kita bisa langsung menggunakan skincare routine kita, seperti serum, moisturizer, day cream dan lain-lain.

Nah itu dia double-triple cleansing aku untuk wajah tipe kulit berminyak yang rentan banget berjerawat ini. Selain double-triple cleansing tersebut aku juga kadang-kadang menggunakan masker, tapi menurut aku masker yang cocok untuk tipe kulit berminyak adalah yang clay atau peel-off, karena terkadang kalau menggunakan sheet-mask wajah terasa gatal dan essence-nya lambat menyerap bikin wajah jadi ga nyaman.

But, itu kembali lagi sama masing-masing ya, ada yang cocok ada yang ga, mungkin dapat kita cari tahu terlebih dahulu komposisi apa yang membuat kulit kita ga nyaman.

No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)