Cara Merawat Gigi Susu dan Tips Supaya Bayi Tidak Sakit Gigi Ketika Mulai Tumbuh Gigi

July 14, 2019

Keberadaan gigi susu merupakan hal yang sangat penting bagi bayi. Karena nantinya akan memberi tempat bagi pertumbuhan gigi dewasa. Selain itu, gigi susu ini juga berfungsi untuk membantu bayi dalam berbicara dengan baik dan mengunyah makanan. Karena bagaimanapun, gigi ini merupakan bagian pendukung dalam proses pencernaan, yakni untuk menggigit, merobek, memotong, menggiling, dan mengunyah makanan. Sehingga keberadaan gigi susu ini juga perlu dirawat supaya bisa mempermudah proses mencerna makanan pada tubuh bayi. Jumlah gigi susu ini semuanya adalah 20 buah. Dimana gigi-gigi tersebut terdiri atas 4 gigi seri depan (atas dan bawah), 4 gigi seri samping (posisinya mengapit gigi seri tengah), 4 gigi taring, dan 8 gigi geraham. Sebagai referensi untuk mengetahui informasi seputar parenting, mama bisa mengunjungi Popmama.com Karena di website ini banyak sekali informasi yang dibutuhkan oleh mama, termasuk tentang perawtan gigi susu bayi. Berikut cara merawat gigi susu bayi dan tips supaya tidak sakit gigi saat mulai tumbuh gigi
Sumber : Brilio.net
1. Cara Merawat Gigi Susu
  • Sebelum gigi susu benar-benar tumbuh, maka mama disarankan untuk membersihkan gusi bayi secara rutin. Dalam hal ini, gunakan lap bersih serta lembut dan agak basah untuk menggosok gusi bayi secara perlahan-lahan.
  • Lakukan dalam membersihkan gusi bayi ini sebanyak 2 kali sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur.
  • Untuk mengenalkan sikat gigi pada anak yang giginya mulai muncul, gosokkan gigi dan gusinya dengan menggunakan sikat gigi yang sangat lembut. Dalam hal ini, mama hanya perlu membasahi sikat gigi dengan air dan belum perlu menggunakan pasta gigi.
  • Pada saat gigi sudah mulai muncul, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya, dan mulailah menambahkannya dengan sedikit pasta gigi, kira-kira sebesar kacang kedelai.
  • Ketika anak sudah menginjak usia 3 tahun, mama bisa menambahkan porsi pasta gigi yang digunakan menjadi sebesar kacang atom.
  • Mama sebaiknya menyikatkan gigi anak, hingga anak bisa menyikat sendiri, yakni sekitar 6 tahun.
  • Sebaiknya mama juga selalu mendampingi anak ketika akan menyikat gigi, dan selalu ingatkan anak untuk menyikat gigi sebanyak 2 kali dalam sehari.
  • Mulai kenalkan dengan makanan yang sehat supaya gigi susu dan gigi tetapnya tetap terawat kedepannya.
  • Yang terakhir dan terpenting adalah, kunjungi dokter gigi untuk memeriksakan gigi anak secara teratur.

2. Tips Supaya Bayi Tidak Mengalami Sakit Gigi Ketika Mulai Tumbuh Gigi
  • Berikan Camilan

Dalam hal ini mama harus memperhatikan tingkah laku bayi mama. Jika bayi terlihat sering mengunyah mainan atau benda-benda yang dipegangnya, maka ada kemungkinan bayi anda mulai tumbuh giginya. Untuk itu berikanlah camilan yang sehat, seperti roti, irisan kecil apel, atau wortel untuk dikunyah oleh bayi. Dan mama harus selalu mendampinginya ketika mengunyah makanan supaya terhindar dari kemungkinan tersedak.
  • Teether

Teether ini berfungsi untuk supaya bayi merasa nyaman karena sedang tumbuh gigi. Supaya hasilnya lebih maksimal, anda bisa menyimpan terlebih dahulu teether ini di kulkas. Karena rasa dingin bisa membuat gusi bayi menjadi lebih nyaman. Namun perhatikan juga suhu teether supaya tidak terlalu dingin. Selain itu, jangan menyimpan teether ini di freezer karena bisa membuat terlalu dingin dan keras untuk bayi.
  • Gel Khusus Gusi

Pada saat mulai tumbuh gigi pada bayi, biasanya gusi menjadi bengkak serta kemerahan. Untuk itu, mama bisa memberikan gel khusus gusi. Karena gel gusi ini mengandung anestesi lokal yang ringan untuk membuat gusi bayi lebih nyaman, sehingga bayi mama menjadi lebih tenang. Dan sebaiknya mama memilih produk gel yang tidak mengandung gula.
Mungkin itu saja pembahasan kali ini semoga ada guna dan manfaatnya, khususnya bagi para mama yang memiliki bayi.


You Might Also Like

0 komentar

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^