Hal-hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Menghemat Listrik Di Rumah

June 17, 2019

Hallo, Apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat-sehat ya!
Mengingat sekarang tarif dasar listrik semakin menigkat, maka kali ini aku mau berbagi tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan agar dapat menghemat listrik di rumah. Mau tau apa aja? yuk baca habis artikel ini 😊

menghemat listrik
Sumber : Tribunnews.com
Hampir setiap rumah tangga dipusingkan oleh tagihan listrik tiap bulannya, apalagi tarif dasar listrik yang terus meningkat namun penggunaan dan kebutuhan akan listrik kita statis bahkan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Bayangkan saja jika dalam satu rumah tangga dipenuhi dengan barang-barang elektronik mulai dari keperluan di dapur, hiburan berupa televisi, musik, komputer, laptop, AC, kulkas, vacum cleaner dan sebagainya.

Tentu jika kita memiliki dan menggunakan barang elektronik tersebut diatas dalam keseharian tidak heran tagihan listrik juga banyak, nah untuk mensiasati tingginya tagihan listrik rumah tangga kita perlu merubah kebiasaan dalam menggunakan barang elektronik dirumah, biasanya aku melakukan hal-hal berikut:

1. Gunakan Barang Elektronik atau Lampu yang Hemat Energi
Sekarang sudah banyak barang-barang elektronik yang dijual dengan klaim "hemat energi" seperti TV LED, Lampu LED, dan lainnya. Walaupun harga barang elektronik tersebut terbilang cukup mahal dibanding barang elektronik yang biasa namun kita membeli barang elektronik tersebut akan berdampak secara jangka panjang terhadap tagihan listrik yang tidak lagi membengkak di rumah kita.

2. Memasak di Rice Coocker dengan Menggunakan Air Panas
Jika di rumah kalian sudah terbiasa memasak  menggunakan rice coocker, kita dapat sedikit mengubah cara memasak kita, jika dulu memasak di rice coocker menggunakan air dingin/biasa maka untuk membuat nasi lebih cepat matang dan menghemat listrik kita bisa menggunakan air panas saat memasaknya. Terlebih lagi, memasaklah untuk 1 kali makan saja, jangan membiakan rice coocker atau magic jar terus menerus hidup dan tersambung ke listrik.

3. Jangan Menggunakan Mesin Cuci Melebihi Kapasitasnya
Terkadang karena ingin menyelesaikan pekerjaan mencuci dengan cepat, kita seringkali memaksakan memasukkan pakaian yang akan dicuci melebihi kapasitas dari mesin cucinya, hal tersebut dapat membuat kinerja mesin cuci menjadi lebih berat dan memerlukan energi listrik yang besar juga, maka lebih bijaklah menggunakannya karena selain dapat menghemat listrik, menggunakan mesin cuci sesuai dengan kapasitasnya juga dapat membuat mesin cuci kita awet dan tahan lama.

4. Jangan Biarkan Barang Elektronik yang Ada di Rumah Terus Menyala Saat Tidak Digunakan
Terkadang kita lupa untuk mematikan barang-barang elektronik yang sudah kita pakai seperti lupa mematikan TV, AC dan sebagainya sehingga elektronik tersebut terus menerus menyala yang dapat mengakibatkan tagihan listrik membengkak.

5. Matikan Lampu Saat Tidur
Malam hari merupakan waktu terbanyak penggunaan listrik dirumah karena setiap sudut rumah memerlukan penerangan dari lampu yang ditambah dengan barang elektronik lainnya yang kita gunakan, maka untuk mensiasati banyaknya penggunaan lampu pada malam hari usahakan matikan lampu saat kita tidur atau hanya gunakan lampu tidur yang menggunakan watt kecil, selain itu matikan lampu pada ruangan-ruangan yang tidak kita gunakan lagi, misalnya : ruang tengah, dapur, dan tempat-tempat lainnya.

Nah itu dia hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik di rumah versi aku, bijaklah menggunaka listrik dan matikan barang elektronik yang tidak terpakai dengan mencabut kabel-kabel steker. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya 😊

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe