Beberapa Komponen Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Motor Balap

April 09, 2019

Motor Balap tentu saja berbeda dengan motor-motor biasa, karena motor balap digunakan untuk road race atau balap motor, selain road race juga ada balap motor jenis lain yang sering diadakan seperti motocross, drag bike, gasstrack dan superport

Banyak sekali jenis olahraga yang menggunakan sarana motor balap, dan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) adalah badan yang berfungsi menaungi berbagai jenis kegiatan olahraga motor. Karena banyaknya tedapat jenis, macam dan bentuk motor maka terdapat berbagai macam pula jenis kejuaraan dan perlombaan balap motor, yaitu :

- Road Racing
- Circuit Racing
- Classic Racing
- Supermoto
- Speedway
- Ketahanan Motor (Enduro)
- Trial Motor
- Drag Race
- Hill Climb
- Land Speed

Motor Balap
Sumber : Tribunnews.com
Namun, apapun jenis kejuaraan atau perlombaan balap motornya, faktor utama yang paling penting yang perlu dipersiapkan adalah pembalap dan motornya, jika fisik dan mental si pembalap sudah siap maka kita hanya perlu mempersiapkan motor yang digunakan untuk balapan. Untuk melakuakan suatu kejuaraan race, motor harus dalam kondisi yang sangat baik dan itu bukanlah sebuah perkara mudah, perlu ketelitian dan kecekatan sang mekanik untuk dapat menjadikan kemampuan motor mumpuni agar dapat mengikuti kejuaraan balap motor.

Selain perkara mesin tentu saja ada hal lain seperti sparepart dan komponen wajib lain yang perlu diperhatikan pada motor balap, komponen-komponen tersebut tentunya memiliki fungsi dan pera penting pada motor balap yang akan digunakan. Berikut beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk motor balap yang perlu kita ketahui :

1. Suspensi
Suspensi menjadi bagian penting untuk motor, tak terkecuali untuk motor balap. Settingan suspensi menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, dan settingan tentunya harus disesuaikan dengan kondisi trek dan karakter pebalap. Settingan tahap utama adalah tekanan angin pada ban, karena walau bagaimanapun seeting suspensinya jika tekanan angin pada ban tidak benar semuanya akan sia-sia. 

Selain menyesuaikan dengan berat badan pebalabnya juga perlu menyesuaikan dengan merek ban yang dipakai, karena setiap pabrik memiliki ukurannya masing-masing. Jadi sesuaikan dengan intruksi ban sesuai dengan catatan pabrikan dan per sesuai dengan dengan tabel berat badan masing-masing pebalap.

Setting suspensi ini juga akan berpengaruh terhadap boros atau tidaknya ban saat digunakan untuk balapan, dengan setting suspensi yang benar maka akan menhemat penggunaan ban saat balapan.

2. Ban
Penggunaan ban untuk balap biasanya disesuaikan dengan kondisi sirkuit, trek hingga cuaca saat balapan, Setiap pabrikan biasanya memiliki beberapa tipe ban. Berdasarkan tipenya, ban dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu : tipe basah, tipe kering, dan menengah. Jika lintasan kering maka yang dipakai adalah ban kering, namun jika lintasan basah maka yang digunakan adalah ban basah.

Tipe-tipe ban ini juga terdiri dari beberapa kompon, yaitu ada kompon keras, sedang dan lunak. Jadi misalnya ban tipe kering dibedakan lagi menjadi ban kering-keras, kering-sedang, kering-lunak. Semakin lunak ban akan semakin menggigit tapi juga lebih cepat aus.

3. Rem
Tentu saja rem menjadi bagian yang tak kalah pentingnya dibandingkan komponen lain untuk motor balap, karena rem memiliki fungsi yang vital untuk motor biasa maupun motor balap. Untuk pebalap yang menggunakan motor balap biasanya melakukan perlambatan dari kecepatan tinggi dalam waktu singkat ketika hendak memasuki sebuah tikungan sirkuit dalam hitungan detik. 

Tentu saja komponen rem yang digunakan untuk motor balap dan motor biasa sangat berbeda agar dapat menahan laju motor. Contohnya saja komponen pada MotoGP yang menggunakan piringan cakram karbon yang memungkinkan penurunan berat motor secara keseluruhan secara signifikan. 

Kampas rem yang digunakan juga memakai bahan dasar karbon karena karakteristik utama yang digunakan oleh MotoGP harus mampu menahan gesekan tinggi dan temperatur yang tinggi pula.

Itu dia beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk motor balap yang perlu kita ketahui, yang jelas mau berkendara biasa atau road race kita harus cek kondisi motor secara keseluruhan dan menggunakan pengaman yang dianjurkan untuk berkendara ataupun untuk balap motor, jangan abaikan keselamatan kita dan orang lain ya 😊 Safe Ride!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya memang gak terlalu tertarik dengan balapan tapi kalau bicara komposisi motor demen banget deh. Bener tuh suspensi yang paling penting, kita gak boleh asal pasang cabut ordendil atau sparepart soalnya bakal mempengaruhi banget pas test drive.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mas, mau yg balap atau biasa suspensi memang komponen penting yang diperhatikan

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe