25 January 2019

# apa penyebab gigi sensitif # cara mengatasi gigi ngilu

Terasa Ngilu Saat Mengonsumsi Makanan atau Minumam Panas atau Dingin? Begini Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Benar

Cara Mengatasi Gigi Ngilu - Hallo, bisa menikmati segala jenis makanan merupakan sebuah anugerah buat kita, apalagi kita sangat menyukai memakan makanan jenis tertentu seperti yang dingin-dingin atau yang panas. Namun apa jadinya jika kita tidak bisa menikmati makanan kesukaan kita tersebut karena memiliki gigi yang sensitif? Pastinya saat memakan makanan dingin, panas, hingga yang asam akan menyebabkan gigi kita terasa ngilu, dan itu akan sangat mengganggu aktivitas makan kita sehari-hari pula.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu
www.shovya.com
Nah, maka dari itu disini aku sekalian mau share sedikit pengalaman aku yang memiliki gigi sensitif serta cara mengatasi gigi ngilu tersebut agar kita tetap bisa menikmati makanan favorit kita yang dingin, panas, atau yang asam tanpa takut akan merasakan ngilu lagi pada gigi. 

For Your Information, aku adalah seorang penggemar ice cream dan buah yang asam-asam, rasanya jika mengonsumsi dua jenis makanan tersebut bisa menaikkan mood-ku menjadi dua kali lipat lebih baik. Dalam seminggu aku bisa mengonsumsi salah satunya setiap hari, namun semua kesenangan tersebut jadi buyar karena tiba-tiba saja gigiku berubah menjadi sensitif dan akan terasa sangat ngilu saat mengonsumsi dua makanan favorit aku tersebut. 

So, pasti aku merasa sedih dong karena tidak bisa mengonsumsi makanan favorit aku sesuka hati lagi karena ngilunya terasa sangat menusuk di gigi dan berlangsung dalam beberapa detik. Alhasil mood berubah drastis dong menadi jelek, akhirnya aku mencari-cari informasi bagaimana caranya mengatasi gigi ngilu tersebut dari berbagai sumber dan aku terapkan sampai sekarang yang akhirnya gigi sensitifku sudah mulai berkurang ngilu nya.

Apa Itu Gigi Sensitif?
Gigi sentitif adalah gigi yang jika kita gunakan untuk mengunyah makanan tertentu seperti makanan panas atau dingin akan terasa nyeri dan ngilu, sensasi ngilu tidak hanya terasa pada gigi namun juga pada gusinya. Apabila kita memiliki gigi sensitif aktivitas saat menyikat gigi atau makan makanan atau minum minuman tertentu akan menyebabkan rasa sakit yang taam pada gigi dan gusi.

Apa Penyebab Gigi Ngilu?
  • Jenis Makanan yang di Konsumsi : Mungkin saja kita tidak memperhatikan jenis makanan yang biasa kita konsumsi setiap harinya sehingga kesehatan gigi kita menadi terganggu, seperti sering mengonsumsumsi makanan atau minuman panas kemudian langsung minum sesuatu yang dingin akan menyebabkan pengikisan pada gigi sehingga gigi berpotensi rusak dan sensitif terhadap beberapa jenis makanan khususnya yang dingin, panas hingga asam.
  • Penumpukan Plak pada Gigi : Jika penumpukan plak terjadi pada gigi maka lapisan enamel yang ada pada gigi akan hilang, enamel tersebut berfungsi sebagai pelindung gigi. Jika perlindungan gigi hilang maka kemungkinan besar gigi akan menadi lebih sensitif.
  • Gigi Berlubang : Jika kita memiliki gigi yang berlubang, sudah bisa dipastikan gigi kita pasti menadi lebih sensitif karena tidak adanya pelindung gusi dan syaraf-syaraf gigi, sehingga saat mengonsumsi makanan tertentu gigi akan mudah sekali merasakan ngilu.
  • Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Pemutih : Pasta gigi yang mengandung pemutih terkadang menggunakan bahan kimia yang cukup keras agar dapat memutihkan gigi, hal tersebut dapat merusak permukaan gigi yang ujung-ujungnya menyebabkan gigi sensitif.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu dengan Benar
  1. Menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut atau soft, sekarang sudah banyak dipasaran berbagai merk sikat gigi dengan berbagai tingkatan kelembutan pada bulu sikatnya, jika gigi kita sensitif sebaiknya memilih bulu sikat yang paling lembut agar saat menyikat gigi tidak terasa nyeri dan ngilu
  2. Untuk sementara hindari sebisa mungkin makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, dan asam untuk terhindar dari yang namanya gigi ngilu, lebih baik fokus untuk mengobatinya hingga sembuh terlebih dahulu hingga sensasi ngilunya tidak terasa lagi
  3. Menaga kebersihan gigi dengan setidaknya menyikat gigi minimal dua kali sehari agar terhindar dari penumpukan plak atau sisa bekas makanan yang kita konsumsi pada gigi yang berpotensi merusak gigi hingga membuat gigi berlubang, dan jangan lupa untuk menggunakan benang gigi pada sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi agar penumpukan plak pada sela gigi tidak teradi
  4. Gunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, sekarang sudah banyak dijual berbagai pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dengan harga yang terangkau, tinggal kita memilih mana yang cocok untuk gigi sensitif kita.
Nah, itu dia beberapa tips dari aku untuk mengatasi gigi ngilu. Semoga artikel ini bermanfaat ya, dan terima kasih sudah berkunjung 😊


No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)