29 January 2019

Resep Kue Kering Yang Mudah dan Praktis Untuk Menyambut Imlek

Hallo..
Ga kerasa nih sebentar lagi perayaan tahun baru imlek tiba, pastinya bagi teman-teman yang merayakannya sudah mulai mempersiapkannya mulai dari sekarang ya. Mulai dari berbelanja berbagai pernak pernik imlek seperti lampion dan lainnya, baju yang akan dipakai pada tahun baru Cina tersebut hingga yang pastinya ga kalah penting adalah menyiapkan berbagai hidangan makanan dan kue-kue khusus Imlek.

Resep Kue Kering
sumber : picswe.com
Kalau ga salah, salah satu kue khas Imlek yaitu kue keranjang namun selain menyiapkan berbagai kue khas Imlek para keluarga berdarah Tionghua biasanya juga menyiapkan berbagai kue-kue lainnya seperti kue kering. Apakah teman-teman sudah memutuskan untuk membuat kue kering apa pada saat Imlek? Jika belum, disini aku bakalan membagikan beberapa resep kue kering yang mudah dan praktis dibuat untuk menyambut perayaan Imlek, Yuk kita simak!

1. Kue Nastar Lumer

Bahan-Bahan : 

- 200gr Margarine 
- 200gr Butter
- 1 Ons Maizena
- 2 Ons Gula Halus
- 2 Ons Susu Bubuk Full Cream
- 4 Butir Kuning Telur
- Vanili dan Garam Secukupnya
- 500gr Tepung Terigu
- Selai Nanas Secukupnya

Bahan Untuk Olesan :

- 2 Butir Kuning Telur
- Minyak
- Susu Kental Manis

Langkah Pembuatan :

1. Mixer margarine, butter, vanili, gula dan garam dengan waktu sekitar 2 menit hingga semuanya tercampur rata. Turunkan kecepatan mixer dengan speed rendah sambil memasukkan kuning telur satu persatu kedalam adonan.

2. Matikan mixer, kemudian masukkan susu bubuk dan maizena menggunakan spatula, kemudian aduk hingga rata.

3. Saat measukkan tepung, masukkan sedikit demi sedikit, jangan dituang semua. Kiranya adonan sudah pas untuk dibentuk bulatan / adonan tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut, hentikan memasukkan tepung.

4. Adonan siap untuk dibentuk bulat-bulat dengan ukuran sedang dan angan lupa untuk memasukkan selai ditengahnya.

5. Letakkan adonan yang sudah dibentuk ke atas loyang datang yang sudah diolesi dengan margarin diatasnya, masukkan kedalam pemanggang/oven, panggang hingga berwarna kecoklatan. 

6. Untuk olesan diatas adonan, campurkan minyak, susu kental manis serta kuning telur kemudian aduk rata. 

7. Keluarkan adonan dari oven, tunggu hingga dingin, kemudian oleskan dengan bahan olesan yang sudah dibuat tadi ke atas adonan, masukkan kembali adonan kedalam oven.

8. Untuk hasil nastar yang lebih kinclong, lakukan pengolesan kuning telur yang sudah dicampur tadi sebanyak 2 - 3 kali.

2. Butter Cookies

Bahan-Bahan : 

- 125gr Gula Pasir
- 175gr Mentega
- 250gr Terigu
- 2 Butir Kuning Telur
- 1/2 sdt Vanili
- Kismis untuk hiasan (Secukupnya)

Langkah-langkah :

1. Mixer mentega, gula, kuning telur dan vanili hingga lembut hingga tercampur rata.
2. Matikan mixer, masukkan secara perlahan tepung terigu kemudian aduk hingga rata.
3. Cetak adonan sesuai selera dan susun diatas loyang datar yang diatasnya sudah diolesi dengan mentega agar tidak lengket.
4. Masukkan adonan kedalam pemanggang/oven hingga sekitar 20 - 25 menit dengan api bawah.
5. Jika warna adonan sudah mulai kuning emas, keluarkan adonan.
6. Kue Butter Cookies siap untuk disajikan.

Itu dia beberapa resep kue kering yang super sederhana dan praktis untuk dibuat, rasanya juga ga kalah lezatnya dibandingkan dengan kue kering yang lainnya. Resep ini juga bisa dipraktekkan untuk para pemula yang baru belaar membuat kue kering. Selamat mencoba, semoga hasilnya memuaskan ya 😊

No comments:

Post a Comment

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^