29 January 2019

# Bau Badan # Bau Badan Tidak Sedap

Punya Masalah Bau Badan? Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Badan - Setiap orang pasti menginginkan penampilan yang oke dan maksimal disetiap aktifitas yang berkaitan dengan orang lain seperti hang out, bekerja, ataupun sekedar santai bersama keluarga. Namun apa jadinya jika suasana nyaman yang sudah tercipta dirusak oleh bau tidak sedap yang berasal dari bau badan? Otomatis kita akan jadi minder alias tidak percaya diri, terlebih lagi orang yang ada disekitar kita pasti tidak mau dekat dengan kita karena merasa terganggu dengan bau badan kita sendiri.

Cara Menghilangkan Bau Badan
www.shovya.com
Bau badan tidak mengenal gender, mau wanita ataupun laki-laki pasti pernah mengalami yang namanya bau badan. Sebenarnya apa yang menyebabkan bau badan pada seseorang dan bagaimana cara menghilangkan bau badan? Bau badan sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara alami yang bahannya bisa kita ambil dari yang ada disekitar kita, penasaran apa saja bahan alami tersebut? Yuk kita simak!

Faktor yang Menyebabkan Bau Badan

Penyebab bau badan sebenarnya berasal dari kelenjar keringat, dan semua orang pasti memilikinya. Kelenjan keringat yang terlalu lama menempel pada kulit dapat menimbulkan masalah bau badan karena selama keringat menempel pada kulit mempengaruhi perkembangan bakteri-bakteri yang ada di kulit menadi lebih cepat sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Bau badan yang tidak sedap tersebut berasal dari kelenjar Apokrin yang dihasilkan oleh dua kelenjar Accrine dan kelenar Apokrin, kelenjar Accrine tersebut biasanya berada pada tangan, punggung dan dahi. Kelenar ini memiliki fungsi untuk menurunkan suhu badan pada saat tertentu. Sedangkan bau badan berasal dari kelenjar Apokrin yang terletak jauh didalam kulit manusia dan biasanya kelenjar ini berada di sekitar lipatan-lipatan seperti ketiak. 

Jika ketiak mengeluarkan keringat berlebih maka keringat tersebut akan bereaksi dengan bakteri-bakteri yang ada dipermukaan kulit manusia untuk proses pembususkan, dan itulah yang menyebabkan bau badan tidak sedap pada seseorang, dan biasanya kelenjar penyebab bau badan tersebut aktif saat seseorang mulai menginjak masa pubertas.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Daun Kemangi
Menghilangkan bau badan dengan menggunakan kemangi adalah salah satu cara paling mudah, karena daun ini cukup untuk diadikan lalapan makan seperti biasa, dengan cara ambil segenggam daun kemangi kemudian di lalap. Kandungan minyak atsiri yang ada pada daun kemangi dipercaya dapat menghilangkan bau badan secara alami, selain itu daun kemangi uga berfungsi sebagai antiseptik alami.

2. Jeruk Purut
Jeruk purut tidak hanya nikmat untuk sebagai penambah asam pada sambal rumahan, namun jeruk purut juga dapat berfungsi sebagai penghilang bau badan alami, caranya peras satu buah eruk purut kedalam satu gelas air, kemudian minum dua kali sehari secara rutin.

3. Jahe
Meminum air jahe atau wedang jahe secara rutin tidak hanya menyehatkan dan menghangatkan tubuh namun juga dapat menghilangkan bau badan tidak sedap, karena jahe mengandung beberapa bahan yang berkhasiat seperti minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.

4. Bawang Putih
Aroma bawang putih yang cukup menyengat membuat beberapa orang tidak menyikainya, namun ada juga beberapa orang yang menyukai aromanya, namun dibalik aromanya yang menyengat tersimpan anti oksidan yang cukup tinggi pada bawang putih, karena bawang putih mengandung senyawa sulfur yang disebut allicin. Caranya : haluskan 3 siung bawang putih kemudian oleskan pada ketiak, lalu tunggu selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang mudah kita temukan disekitar kita yang ternyata berkhasiat untuk menghilangkan bau badan tidak sedap, namun perlu diketahui jika menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bau badan tidak sedap harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)