Mulai Merencanakan Memiliki Anak? Berikut Beberapa Ciri Awal Kehamilan yang Perlu Diketahui

January 28, 2019

Ciri Awal Kehamilan - Memiliki anak merupakan salah satu impian bagi setiap pasangan yang menikah, walaupun ada beberapa pasangan yang merencanakan cepat dan ada pula yang menundanya dengan berbagai pertimbangan, namun bagi pasangan yang sudah mulai merencanakan untuk memiliki anak patut untuk mengetahui beberapa ciri awal kehamilan agar dapat lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan kegiatan serta asupan makanan agar tidak teradi hal-hal yang tak diinginkan pada awal kehamilan.

Ciri Awal Kehamilan
sumber : tesco-baby.com
Disini saya share juga sambil sama-sama belajar untuk diri sendiri dan saling mengingatkan, semoga apa yang saya sampaikan menjadi berguna buat kita semua ya! 😊 Karena terkadang tanda awal kehamilan pada wanita biasanya disadari saat tidak terjadi menstruasi saja, hal tersebut memang benar merupakan salah satu tanda awal kehamilan, namun terlambat menstruasi juga bukan hanya disebabkan oleh kehamilan tapi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. 

Kalau begitu, apa saa sih ciri-ciri awal kehamilan yang perlu kita ketahui agar kita dapat lebih aware? Yuk simak!

1. Munculnya Flek disertai dengan Kram Perut 
Flek atau bercak darah biasanya muncul setelah terjadinya ovulasi, yaitu sekitar 8 - 10 hari, bercak darah yang keluar ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Terkadang bercak darah ini juga disalah artikan bahwa ini adalah menstruasi, padahal bukan. Proses menempelnya embrio pada dinding rahim ini juga menyebabkan kram perut yang akan teradi hingga trimester kedua kehamilan hingga letak uterus posisinya tepat di tengah dan disangga oleh panggul.

2. Mudah Lelah
Rasa mudah lelah biasanya muncul pada awal kehamilan, hal ini disebabkan oleh karena meningkatnya kadar Progesteron dalam tubuh, detak jantung yang meningkat dan perubahan metabolisme tubuh. 

3. Pusing
Rasa pusing yang menyerang pada awal kehamilan biasanya disebabkan oleh turunnya tekanan darah dan pembuluh darah yang menyempit.

4. Ngantuk Berlebih
Ngantuk berlebih pada awal kehamilan dapat disebabkan oleh perubahan hormonal si ibu karena kerja organ vital seperti jantung, ginjal, paru-paru dan yang lainnya bertambah, karena organ-organ vital ini bekerja tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sang ibu saja namun juga untuk pertumbuhan janin. 

5. Sembelit
Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengalami sembelit, hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya hormon Progensteron yang dapat mengendurkan otot-otot rahim, yang berdampak pada mengendurnya otot dinding usus yang akhirnya akan menyebabkan sembelit atau susah buang air besar pada wanita hamil. 

6. Hilang Nafsu Makan
Kadar hormon yang meningkat biasanya dapat menyebabkan berkurangnya nafsu makan pada awal kehamilan.

7. Sering Buang Air Kecil
Sering buang air kecil pada awal kehamilan disebabkan oleh mulai membesarnya janin dalam rahim ibu yang semakin lama semakin menekan kandung kemih serta disebabkan karena adanya peningkatan sirkulasi darah. Walaupun begitu, jangan pernah untuk menahan-naham buang air kecil serta hindari dehidrasi dengan cara meningkatkan asupan cairan kedalam tubuh.

8. Sering Mual dan Muntah (Morning Sickness)
Sering mual dan muntah biasa terjadi pada pagi hari dimana asam lambung selama tidur menumpuk dan menyebabkan mual hingga muntah, tanda ini merupakan tanda awal kehamilan yang utama karena sekitar 50% wanita hamil akan mengalami hal ini hingga memasuki trimester kedua kehamilan. Untuk mengurangi gejalanya, jangan biarkan perut kosong, cobalah untuk makan sedikit demi sedikit  agar asam lambung tidak menumpuk.

9. Sensitif Terhadap Aroma
Wanita hamil akan memiliki indera penciuman lebih tajam dari biasanya, sehingga wanita yang sedang hamil akan lebih sensitif terhadap berbagai bau.

10. Mood Swing
Perubahan hormon yang teradi pada wanita hamil biasanya menyebabkan perubahan suasana hati, hal ini akan jelas terjadi pada masa awal kehamilan.

Nah, itu dia beberapa ciri awal kehamilan yang biasanya jarang disadari oleh beberapa wanita, dengan mengetahui kehamilan lebih awal maka kita juga akan lebih aware dalam berbagai kegiatan maupun mulai menjaga asupan yang kita konsumsi 😊 Semua hal disini berasal dari rangkuman berbagai sumber yang sudah pernah saya baca kemudian saya share disini untuk kita dapat saling belajar dan mengingatkan. 

By the way, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya! 😊

You Might Also Like

0 komentar

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Hijab Influencer Network

Hijab Influencer Network

Kumpulan Emak Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Galeri Instagramku

Subscribe