23 December 2018

# Batik Air # Gili

Informasi Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Gili Lombok Utara

Sumber : trover.com
Siapa yang tidak kenal Gili? Sekalipun anda belum pernah kesana tapi pastinya anda sering mendengar Gili disebut-sebut oleh orang.  Gili kerap kali menjadi tempat wisata favorit pada para turis baik itu turis dalam negeri maupun luar negeri. Namun sebelum berkunjung ke Gili, ada baiknya anda tahu tentang informasi seputar Gili. 

Gili ternyata bukan hanya Gili Trawangan saja

Kepulauan Gili  adalah kepulauan yang terdiri dari tiga pulau kecil atau pulau Gili kembar tiga yaitu : Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Lokasinya tepat di lepas pantai barat laut Lombok, Indonesia.


Kepulauan Gili ini merupakan destinasi wisata populer bagi wisatawan. Setiap pulau memiliki beberapa sanggraloka kecil, biasanya terdiri dari kumpulan pondok untuk wisatawan, kolam kecil, dan restoran. Sebagian besar penduduk lokal tinggal di Trawangan di kota yang membentang di sepanjang sisi timurnya di pedalaman (yang juga merupakan tempat di mana perkembangan terakhir terjadi). 

Sumber : cidomo.com
Lalu lintas mobil dan kendaraan bermotor dilarang di kepulauan ini

Hal ini diberlakukan oleh peraturan daerah setempat, dengan demikian metode transportasi yang disukai oleh para wisatawan adalah dengan berjalan kaki dan bersepeda atau kereta yang ditarik kuda yang disebut cidomo.

Jika ingin ke Gili terdapat Dua Gerbang Pintu Masuk

Pilihan yang tersedia bisa masuk lewat Bali atau Lombok, jadi anda bebas memilih untuk terbang ke Bali dulu atau ingin langsung ke lombok. Hampir semua maskapai melayani rute ini, tak ketinggalan Batik Air. Jika dari Bali ada operator kapal yang memiliki rute ke tiga Gili, khususnya Gili Trawangan dan Gili Air. Pelabuhan Padang bai, Pelabuhan Sesetan, dan Pelabuhan Benoa menjadi titik keberangkatan menuju tiga Gili dari Bali. Sedangkan di Lombok, Pelabuhan Bangsal di Lombok menjadi titik keberangkatan menuju tiga Gili.

Bila punya waktu libur yang panjang, sebaiknya anda terbang saja ke Bali terlebih dahulu, dan nikmati Berkeliling bali sampai puas. Kemudian dilanjutkan menyeberang ke lombok dan keliling pulau lombok lagi. Baru kemudian melanjutkan perjalanan menyeberang ke Gili yang ingin anda kunjungi. Setelah puas, anda tinggal memilih pulang lewat Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, boleh dengan Batik Air atau maskapai favorit anda.

Sumber : baskgilimeno.com
Karakter setiap pulau yang berbeda

Pada setiap tempat wisata Gili, masing-masing pulaunya punya tempat wisata dengan karakter yang berbeda. Gili Trawangan lebih ramai restoran, bar, dan penginapan karena pulaunya juga lebih luas. Cocok bagi wisatawan yang suka berpesta dan tidak suka suasana yang terlalu sepi. Di Gili Meno yang lebih tenang dari Gili Trawangan, dan Gili Air dengan ketenangan di antara Gili Trawangan dan Gili Meno. Untuk menyeberang pulau tersedia kapal yang beroperasi setiap hari.

Komposisi Turis

Tahukah anda, bahwa wisatawan yang berkunjung ke Gili didominasi oleh turis asal Australia dan Eropa. Wisatawan lokal masih terbilang sedikit. Kita lihat saja sebagai contoh di Gili Air, menurut Resort Manager Scallywags Resort Gili Trawangan dan Gili Air, Nyoman Suastawa komposisi wisatawan lokal hanya 10 persen. Jadi buat wisatawan lokal, jangan mau kalah! Masakan, kita kalah dengan wisatawan asing yang sudah terlebih dahulu mencicipi keindahan negeri kita.

Sumber : belairresort-giliair.com
Harga Penginapan yang Bervariasi

Bagaimana jika ingin menginap atau bermalam di Gili? Mahalkah? Untuk hal itu, anda tidak perlu takut sebab harga penginapan di ketiga Gili tersebut cukup bervariasi. Disini tersedia penginapan yang mahal sampai yang paling murah sekalipun. Jika anda ingin backpackeran di tiga Gili ini sangatlah mungkin. Ada banyak pilihan homestay yang menyewakan kamar seharga Rp 100.000 per malam, bahkan kurang. Apalagi saat ini penginapan di tiga Gili sedang memberi promo 30 sampai lebih dari 50 persen, untuk kembali menggaet tamu berwisata di tiga Gili pasca gempa.

Bagaimana informasinya? Kami harap ini dapat menambah wawasan anda jika anda ingin berlibur ke Lombok Utara. Persiapkan diri dengan baik untuk memulai liburan dan nikmatilah liburan anda. 


No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)