Tampilkan posting dengan label Kesehatan. Tampilkan semua posting
Tampilkan posting dengan label Kesehatan. Tampilkan semua posting

5 Mei 2017

Prive Uri Cran Mengatasi dan Mencegah Anyang-anyangan Datang Kembali



[Lomba Blog] Prive Uri Cran Mengatasi dan Mencegah Anyang-anyangan Datang kembali 

Pengalaman Terkena Anyang-anyangan (sering buang air kecil) Hingga Terkena Infeksi Saluran Kemih

Prive Uri-Cran - Beberapa bulan yang lalu tepatnya pada bulan September 2016, saat itu saya baru saja menikah sekitar setengah tahun, saya mengalami sakit perut terus-terusan selama berhari-hari, karena saya punya riwayat maag, suka makanan pedas dan asam, saya mengira sakit perut terus-terusan tersebut akibat dari gejala maag saya yang kambuh. Namun setelah saya minum obat maag, sakit nya juga tidak kunjung hilang, malah semakin hari semakin bertambah sakit, sampai beberapa obat maag saya coba, ternyata tidak ada perubahan sama sekali, saat itu sebagian badan saya juga terasa menggigil disertai demam dan muntah-muntah.

Sebelum menikah saya sering sekali terkena Anyang-anyangan, yaitu sebentar-sebentar ingin buang air kecil, tetapi air kecil yang dikeluarkan sangat sedikit, dalam waktu 1 jam mungkin bisa 2-4 kali saya bolak-balik WC, dan saya sering mengalami sakit buang air kecil, keadaan tersebut berlangsung sampai saya menikah. 6 bulan menikah, terjadi hal yang saya jelaskan di atas, saya tidak pernah mengalami sakit seperti ini sebelumnya, saat itu saya memutuskan untuk ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) di Rumah Sakit Umum Daerah setelah pulang kerja karena merasa tidak tahan lagi dengan rasa sakitnya.

Saya di Infus dan disuntik, sembari perawat dan dokter menanyakan keluhan-keluhan dan mendiagnosa penyakit saya, mungkin pada saat itu dokter juga berfikir saya terkena maag. Kemudian dokter meresepkan obat maag untuk ditebus ke apotek rumah sakit, saya disuruh meminum satu tablet obat maag, dan ya… saya muntahkan.. percobaan kedua saya minum lagi satu tablet obat maag dan berhasil tidak dimuntahkan.

Selama hampir 30 menit dokter dan perawat mengobservasi/memantau kondisi saya setelah minum obat tersebut, saya masih merasa kesakitan dan menggigil dan terus ingin muntah. Karena tidak ada tindakan selanjutnya dari dokter, saya memilih untuk pulang kerumah. Dirumah rasa sakit tidak berkurang sedikitpun, badan saya lemas dan orang tua melihat kondisi saya seperti itu memutuskan untuk mengantar saya kembali ke Rumah Sakit.

Sesampainya di IGD yang sama, dijelaskan kembali kepada dokter dan perawat bahwa sakitnya tidak berkurang sama sekali, saya terus menggigil saat di IGD. Kemudian saya disuruh tes urine, dan benar saja, hasil nya jumlah Leukosit yang terkandung dalam urine saya 6 lpb (lapang pandang besar), sangat tidak normal. Sedangkan untuk yang normal sekitar 2 – 4 lpb. Jelas saja saya terkena Infeksi Saluran Kemih.

Dokter meresepkan beberapa obat kembali, salah satunya antibiotic karena banyak terdapat bakteri E-Coli dalam saluran kemih saya, dokter menjelaskan, hal tersebut lazim di alami oleh wanita yang sudah menikah, bisa terjadi akibat iritasi saat berhubungan, apalagi yang suka menahan-nahan buang air kecil serta penyebab-penyebab lainnya yang pada akhirnya bisa terjadi Anyang-anyangan.

Saya kembali kerumah, saya minum obat yang sudah diberikan oleh dokter dan dianjurkan mengonsumsi buah berjenis berry khususnya Cranberry  yang katanya sangat efektif menghambat infeksi pada saluran kemih, tapi… di Banjarmasin dimana sih ada toko buah yang jual buah Cranberry?

Manfaat Dari Buah Cranberry


Infeksi Saluran Kemih saya makin menjadi-jadi, selama sehari semalaman saya tidak bisa mengeluarkan urine saya, yang keluar hanya setetes dua tetes, bisa dibayangkan kan betapa tersiksanya saya? sedangkan saya disuruh banyak minum air putih tetapi urine yang ingin keluar tidak bisa keluar dan perut saya akhirnya penuh juga sedikit agak membesar, saya tidak berani makan malam maupun minum banyak lagi. Rupa-rupanya bakteri sudah menginfeksi dan menutup saluran kemih saya sehingga saya tidak bisa buang air kecil lagi, huhuhu itu pengalaman paling buruk yang pernah saya alami.

Alhasil hari minggu jam 7 pagi saya kembali di bawa kerumah sakit, tetapi kerumah sakit yang berbeda dengan harapan mendapat pelayanan yang lebih maksimal lagi dari yang sebelumnya, sesampainya disana saya jelaskan keluhan saya ke dokter, langsung di ambil tindakan oleh dokter. Dan saya pun dipasangi alat bantu untuk buang air kecil (kateter), agak sedikit sakit.. tapi satu masalah saya sudah teratasi, urine sudah bisa dikeluarkan dan saya lihat urine tersebut berwarna kuning pekat.. tidak seperti biasanya. Saya harus di opname selama 5 hari di rumah sakit tersebut sampai ISK (Infeksi Saluran Kemih) saya sembuh total dan urine saya tidak berwarna kuning pekat lagi.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Anyang-anyangan?

Sejauh yang saya ketahui dan saya baca, inilah beberapa penyebab Anyang-anyangan ;

  • Anyang-anyangan terjadi akibat dari masuknya bakteri kedalam saluran kencing, bakteri tersebut sering kita kenal dengan sebutan bankteri E-Coli. Umumnya bakteri ini berada di Usus Besar dan ikut keluar melalui anus pada saat kita buang air besar, karena jarak vagina dan anus sangat dekat maka sangat memungkinkan bakteri tersebut dapat memasuki saluran kencing wanita, dan bakteri memiliki kesempatan lebih besar lagi memasuki saluran kencing wanita jika kita melakukan cara pembilasan buang air besar yang salah.

  • Penggunaan Alat bantu kencing (kateter) pada orang yang sedang sakit dalam jangka waktu yang panjang juga dapat meningkatkan risiko masuknya bakteri kesaluran kemih yang akhirnya dapat menyebabkan Anyang-anyangan.

  • Penggunaan alat kontrasepsi pun dapat beresiko menyebabkan masuknya bakteri ke saluran kencing, khususnya pada alat kontrasepsi diafragma yang menyababkan pengosongan urine tidak berjalan dengan lancer, sebab ada tekanan pada uretera.

  • Penderita Diabetes juga rentan terkena Anyang-anyangan, karena kurangnya sistem imun tubuh.

  • Anyang-anyangan pada wanita biasanya juga terjadi pada pengantin baru, muncul keluhan nyeri  dan perih buang air kecil (seperti yang saya alami), kemungkinan besar penyebabnya saat berhubungan kurang bersih atau tidak langsung buang air kecil setelah berhubungan, dan benar… saya tidak langsung buang air kecil setelahnya.

Anyang-anyangan / Infeksi Saluran Kemih jika tidak di obati atau dibiarkan terus-terusan maka bakteri nya akan menyebar ke ginjal dan menyebabkan infeksi pada ginjal, serem kan?
Biasanya penderita Anyang-anyangan akan merasakan sakit buang air kecil. Penyebab sakit saat buang air kecil tersebut akibat dari menyebarnya bakteri disaluran kemih, sehingga menyebabkan infeksi, dan panggul terasa ditekan.

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil
Anyang-anyangan menyebabkan susah buang air kecil juga, dan jangan pernah menyepelekan susah buang air kecil karena jika lama dibiarkan akan berdampak buruk pada ginjal, beberapa cara untuk mengatasi susah buang air kecil diantaranya ;

  • Pijat lembut pada kandung kemih yang terletak pada perut bagian bawah untuk memaksimalkan kekosongan air seni di dalamnya

  • Tempelkan air hangat dalam botol pada perut bagian bawah, rasa hangat akan merelaksasi organ yang mengantarkan air seni

  • Periksalah ke dokter, jangan dibiarkan berlarut-larut

Anyang-anyangan / Infeksi Saluran Kemih itu sangat tidak enak bahkan terkesan menyeramkan bagi saya karena rasa sakit berkepanjangan, menggigil, mual, muntah, demam, sampai tidak bisa buang air kecil. Sekarang saya sangat berhati-hati dan melakukan berbagai pencegahan. 

Cara Mengatasi Anyang-anyangan
Sekarang untuk pencegahan dan cara mengatasi Anyang-anyangan, saya melakukan beberapa hal berikut ;

  • Tidak lagi menahan buang air kecil, karena biasanya saya merasa tanggung saat melakukan pekerjaan dikantor, saya sering menunda-nunda buang air kecil

  • Tidak menggunakan celana terlalu ketat dan berbahan yang cepat menyerap keringat

  • Banyak minum air putih (air mineral atau air yang sudah matang)

  • Melakukan pembilasan setelah buang air besar yang benar (dari depan ke belakang) menghindari masuknya bakteri dari anus ke saluran kemih

  • Bagi yang sudah menikah, segera buang air kecil setelah berhubungan, agar bakteri tidak sempat berkembang disaluran kemih

  • Mengonsumsi Prive Uri-cran, mengonsumsi Uri-cran tidak hanya pada saat terjadi Anyang-anyangan / Infeksi Saluran Kemih tetapi juga dapat dikonsumsi untuk mencegah anyang-anyangan datang kembali.

Prive Uri-Cran Mengandung Ekstrak Cranberry Murni
saya sangat terbantu sekarang dengan ada nya Prive Uri Cran yang mengandung ekstrak Cranberry murni, tidak perlu repot-repot lagi mencari buahnya. Walaupun dalam bentuk ekstrak, tapi manfaat yang dikandung buah Cranberry tidak berkurang serta sangat praktis, dapat dikonsumsi dimanapun kapanpun.

Prive Uri-cran terdapat dalam dua kemasan berbeda ;
  • Dalam setiap KAPSUL Prive Uri-cran, mengandung 250mg ekstrak Cranberry
  • Dalam bentuk BUBUK, tiap sachet Prive Uri-cran Plus mengandung 375mg ekstrak Cranberry

Prive Uri-Cran dalam kemasan bubuk

Prive Uri-cran dalam kemasan kapsul
Nah, kalian bisa memilih mana kemasan Prive Uri-cran yang kalian suka, bisa kapsul ataupun bubuk, kalau saya, jika saya sedang berada dirumah suka sekali dengan yang bubuk, karena bisa dilarutkan ke air dingin dan rasanya benar-benar jus Cranberry. Tapi, jika sedang banyak berkatifitas diluar rumah saya akan mengonsumsi yang kapsul karena sangat praktis. Semuanya sudah tersedia di Apotek-apotek terdekat di seluruh Indonesia.

Itu pengalaman saya terkena ISK (Infeksi Saluran Kemih) yang cukup membuat trauma, serta cara mengobati dan cara mencegah anyang-anyangan/Infeksi Saluran Kemih agar tidak terulang kembali, bagaimana tidak? Wanita sangat rentan dengan penyakit ini dan rasanya sangat sakit. Karena dari itu, kita wajib menjaga kesehatan kewanitaan kita, karena kita sering menyepelekan hal-hal kecil seperti menahan buang air kecil akibatnya bisa fatal loh sis.. lebih baik kita mencegah karena mengobati itu sangat melelahkan.

Untuk info lebih jelas dan ingin lebih tau tentang Produk Prive Uri-cran ini kalian bisa mengunjungi http://www.uricran.co.id

27 Maret 2017

Parenting Seminar Banjarmasin Oleh Dancow Parenting Center

Tepat pada tanggal 25 Maret 2017 DANCOW Parenting Center mengadakan acara Parenting Seminar dengan pakar Nutrisi dan tumbuh kembang si kecil di Banjarmasin Tepatnya di Hotel Golden Tulip Galaxy. Saya berkesempatan hadir pada acara seminar tersebut dan meliputnya, yaah.. walaupun saya belum memiliki buah hati, ga ada salahnya kan kalau belajar sambil mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik dan mengerti segala apa yang diperlukan untuk tumbuh kembang, dan nutrisi yang diperlukan si kecil kelak hehe

Parenting Seminar ini menghadirkan para pakar Nutrisi dan Orang-orang yang ahli dibidangnya, ga ketinggalan Bunda Shahnaz Haque sebagai moderator loh.. yang bikin tambah seru seminar ini, Bunda Shahnaz Haque juga mengajak salah satu Buah Hatinya yang hobi nge-drum loh bunda..

Peserta yang ikut banyak banget, ga cuma bunda-bunda, tapi ayah-ayah juga banyak hihihi, memang belajar parenting kan ga cuma buat bunda aja tapi para ayah juga harus belajar.. biar seimbang gitu :D

Sebelum memasuki tempat acara, para Bunda diharuskan untuk registrasi terlebih dahulu, setelah selesai registrasi kita akan mendapatkan tiket masuk, sekalian tiket makan siang, hand painting, snack, dan goodie bag.
 
Sementara bunda-bunda dan para ayah mengikuti Parenting Seminar, diluar juga disediakan loh Playground/Station Kids untuk si kecil, biar mereka ga bosen dan bisa bertemu serta berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, disana juga ada kakak-kakak yang siap sedia mendampingi si kecil bermain serta menggambar, jadi mereka aman bunda.










Acara dibuka sekitar pukul 09.00 WITA oleh bunda Shahnaz Haque yang menjelaskan tentang Pola Asuh, Stimulasi dan Tumbuh Kembang si kecil. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh para ahli :

1. Dr. dr. Rini Sekartini, Sp(A)k

Beliau menjelaskan tentang bagaimana pola makan yang baik dan sehat untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dalam masa pertumbuhan, biasanya dengan pola makan 5-6 kali sehari, yaitu ; Breakfast, Morning Snack, Lunch, Afternoon Snack, Dinner, dan Evening Snack. Tentunya asupan makanan yang diberikan adalah makanan sehat, yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti buah-buahan dan sayur. Bunda dapat mengkreasikan buah/sayur menjadi macam-macam olahan yang menarik jika biasanya si kecil kurang menyukai makan buah/sayur, sehingga asupan nutrisi si kecil tetap terpenuhi.

2. Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. Psi,. Psi

Bunda Vera menjelaskan, agar si kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal maka si kecil harus mendapatkan 3 hal penting, yaitu ; Cinta, Stimulasi, dan Nutrisi. Bunda Vera juga mengajak para bunda untuk STOP CEMAS & KATAKAN "IYA BOLEH" kepada si kecil, bunda diperbolehkan cemas/khawatir asal tidak berlebihan, bunda harusnya mengarahkan rasa cemas untuk amankan si kecil bukan untuk membatasi si kecil, karena pada saat si kecil jatuh = kesempatan belajar agar tidak jatuh.
Bentuk dukungan bunda terhadap eksplorasi si kecil dapat dari DALAM dan dari LUAR, yaitu;
- Dari Dalam : Memberikan Perlindungan dengan Nutrisi seimbang.
- Dari Luar : Kenali aktivitas untuk kenali bahaya secara objektif, memastikan safety dan childproof, mencontohkan si kecil melakukan dengan benar/aman, menyampaikan batasan dan resiko pada si kecil.
Kepercayaan Ayah dan Bunda untuk berkata "IYA BOLEH" adalah kunci untuk dukung eksplorasinya.
Adapun beberapa manfaat Eksplorasi  yang dipaparkan oleh bunda Vera, yaitu;
- Kemampuan Atensi
- Kemampuan Memori
- Kemampuan Psikomotorik
- Kemampuan Penyelesaian Masalah
- Kemampuan Bahasa
Yang mana hal tersebut diatas merupakan cakupan dari kemampuan kognitif si kecil.

3. Sari Sunda Bulan, AMG.

Bunda Sari Sunda Bulan menjelaskan beberapa fakta tentang pertumbuhan si kecil, asupan nutrisi apa saja yang diperlukan pada masa pertumbuhan, serta perlindungan yang dibutuhkan oleh si kecil. Pada masa pertumbuhan, si kecil memerlukan banyak nutrisi untuk perkembangan nya, seperti Zat Besi, Vitamin C, Vitamin A, dan Asam Folat. Perlindungan si kecil sebagai fondasi untuk proses belajar dan pertumbuhan fisik, faktanya 80% daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna dan Dominasi Bakteri baik di saluran cerna dapat mendukung Daya Tahan Tubuh si kecil. Maka dari itu, DANCOW mengeluarkan Inovasi baru DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+, Susu Pertumbuhan dengan lebih dari 3X Lactobacillus rhmanosus di bandingkan produk sebelumnya, Karena visi dari DANCOW adalah: Menjadi mitra yang terpercaya untuk tumbuh kembang si kecil.
DANCOW ADVANCED EXCELNUTRI+ juga diperkaya dengan Sumber Serat Pangan (Inulin), Tinggi Vitamin A,C,E, Selenium & Zink, Serta Minyak Ikan (Omega 3 & Omega 6).

Ilmu-ilmu seperti ini bagi saya sangat bermanfaat sebelum menjadi orang tua, ilmu seperti ini tuh ga ada sekolahnya, yakan? 
Ohya, bunda dapat mendownload aplikasi StimuLearn di Playstore atau App Store juga, bagi yang belum tau, StimuLearn adalah program belajar interaktif melalui permainan online dan offline yang didesain untuk Bunda dan si kecil oleh Nestle Research Centre dan ASQ (Ages and Stages Questionnaire), spesialis perkembangan kognitif anak dari University of Oregon. Melalui mobile application StimuLearn, bunda dapat mengembangkan 5 Kemampuan Kognitif Penting si kecil yaitu kemampuan berbahasa, daya ingat, konsentrasi, pemecahan masalah dan psikomotor.

Selain pemaparan dari para ahli di atas, dalam Parenting Seminar tersebut juga diadakan games seru, yaitu bunda Shahnaz Haque beserta putrinya membacakan beberapa pertanyaan kepada peserta seminar, bagi yang lebih dulu dan tepat menjawab akan mendapatkan hadiah. 

Peserta seminar juga dapat mengajukan pertanyaan kepada para ahli sekitar masalah parenting, seperti pada gambar dibawah.. hehe ga cuma bunda-bunda yang antusias bertanya, tetapi para ayah pun ikut berkontribusi loh hehe seru ya..
Tidak hanya itu, ayah dan bunda juga di ajarkan bagaimana cara membuat susu yang benar untuk si kecil. Tuangkanlah terlebih dahulu air hangat kedalam gelas baru kemudian masukkan susu nya, ingat loh bunda.. air hangat.. jangan air panas, kalau bunda menggunakan air panas, maka bakteri baiknya Wassalam semua hehehe









Dari Parenting Seminar tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa setiap orang tua pasti ingin melakukan yang terbaik untuk buah hati mereka. Agar tumbuh kembang si kecil optimal, maka dari itu yuk bunda, Lindungi si Petualang Kecil dengan memberikan asupan gizi dan Nutrisi yang seimbang dan Bunda, jangan takut katakan "IYA BOLEH" untuk eksplorasi si kecil.

1 Juni 2016

No Smoking In Restaurant Please...

Tanggal 31 Mei 2016 kemaren gue keluar makan malam bersama suami gue di luar, kita biasanya emang sepakat makan diluar kalo lagi males ato sambil cari udara segar... (padahal tujuan sebenarnya sih kencan nya itu), oke kembali ke tanggal 31 tadi, malam itu kami sepakat mau makan bakso.. karena akhir-akhir ini gue sering liat di online ada rumah makan yang nyediain menu khusus bakso dan mie ayam dan lagi promo.. dari gambar-gambar nya emank menarik hati banget di minta untuk segera makan tu bakso.. kami menuju ke daerah tempat bakso tersebut di Jln. Bla bla bla.

Biar gue jelasin dulu, gue disini bukan seorang Food Blogger ato seorang peneliti, ato sebagainya... gue hanya seorang pengamat, pengkritik di dunia maya (khusus nya gue curhat Blog), dan yang lebih penting disini gue adalah seorang KONSUMEN. Kenapa demikian gue tekankan? karena, pada beberapa tempat makan yang pernah gue singgahi, ada yang bikin membekas dihati gue... kalo berkesan sih ga papa, tp membekas sesuatu yang gue ato bahkan orang lain sangat ga suka..
Nah, di tempat makan yang gue singgahi pada tanggal 31 Mei tadi gue makan bakso sambil menghirup asap rokok dari the OWNER tempat tersebut yang duduk di meja sebelah gue... tempat nya cukup classy dan lebih dari tempat makan meatball biasanya tapi sayang nya sikap owner nya begitu ga peka terhadap pelanggan nya.. gue orang yang paling ga merelakan kalo gue kehirup asap rokok walaupun sedikit.. itu dah ngerugiin gue banget, dan... kalo mau cepet mati ya jangan ajak-ajak orang lain juga kan.. :)

Dah gue dapet tambahan asap rokok, meatball nya ternyata jauh dari ekspektasi gue selama ini.. rate 1 - 10 mungkin nilai nya 2 aja kalo boleh gue kasih, lengkap lah sudah penderitaan gue.. dan gue harus membayar untuk makanan seperti itu + asap rokok..



Kejadian kedua gue alami di suatu tempat makan juga, di daerah kur*pan... well, gue akui makanan disana 90% tasty... enak dan puas.. tapi.. sayang, ada dua hal yang bikin tempat makan tersebut ada minus nya. Pramusaji nya yang meletakkan piring kemeja pelanggan dengan hampir di lempar dan terkesan keras, padahal yang nyajiin adalah seorang cewek, gue berani nilai dia bahwa dia sengaja ngelakuin itu karna gue makan disana lebih dari dua kali, kesan awal mungkin gue ngira dia ga sengaja.. tapi untuk yang kesekian kalinya gue liat dia kaya ngasih makan kucing. Hal lain yang mengganggu gue ditempat makan tersebut adalah kelakuan pegawainya ato lebih tepatnya pengawasnya/anak buahnya yang bertugas ngawasin orang yang lagi makan supaya ga lari pas udah selese makan.. mereka duduk di meja dekat pintu masuk biasanya yang juga berfungsi sebagai meja untuk pelanggan juga, kebetulan waktu itu meja itu kosong dan mereka duduk tepat di meja didepan gue itu.. dan apa yang mereka lakukan?? NGEROKOK bareng-bareng... dengan posisi arah angin masuk tanpa penghalang ke arah gue makan.. gue udah tutup-tutup idung gue sama tissue, ya mereka juga ga peka... alhasil BLACKLIST tu tempat makan..

Rasanya tiap gue singgah ditempat makan, entah gue terkesan atau kecewa atas pelayanannya, pengen banget gue tulis sebuah catatan kecil lalu gue tinggal di meja bekas gue makan.. mungkin lebih ke sebuah kritik atau sebuah pujian..
Yang lain mungkin masih bisa gue tolerir.. asalkan mereka ga ngerokok..
Mungkin itu aja sih yang saat ini ngeganjel dihati gue.. mungkin juga ntar gue nulis tentang tempat makan yang bikin gue terkesan... suatu saat :)

29 Maret 2013

Solusi Kembung Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi, para wanita sering dihadapkan dengan berbagai masalah, ya jerawat nya, ya nyeri nya, dan yang ga kalah sakitnya adalah kembung. Satu hal ini yang paling sering gue alami saat tamu bulanan ini datang, dan ini sangat menyiksa sampai-sampai mengganggu aktivitas gue. Gue sudah mencari bebrbagai cara mengatasi si kembung ini pada saat menstruasi, tapi ga banyak membantu dan akhirnya gue pergi ke dokter karena sudah merasa ga tahan dengan sakitnya. Tidak hanya sakit yang gue rasa, tapi gue sampai muntah-muntah dalam beberapa hari.


Ternyata untuk mengurangi kembung pada saat menstruasi harus menjaga pola makan beberapa hari sebelum saat tamu bulanan ini datang. Sebagian besar wanita akan memiliki nafsu makan yang tinggi saat PMS, ingin makan ini, ingin makan itu, seperti ibu-ibu yang sedang ngidam. Pada saat ini lah harus nya wanita menjaga pola makan, jika mendekati masanya maka sebaiknya kita tidak boleh terlalu banyak makan, makan lah dalam porsi yang kecil saja. Selain itu kita juga harus sebisa mungkin menghindari asupan garam yang berlebihan pada makanan yang masuk kedalam tubuh, karena garam dapat menyebabkan retensi air dalam perut meningkat dan akhirnya perut akan terasa kembung.

Selain  menjaga pola makan dan asupan garam yang tidak berlebihan, ada baiknya kita juga mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan kalsium, dan kita bisa mendapatkan nya pada buah pisang, susu,  produk olahan susu seperti yougurt, keju, dan lain-lain. 

Tetapi, jika kembung pun sudah terjadi pada saat menstruasi, kita bisa melakukan beberapa upaya untuk mengurangi nya, seperti meminum air jahe hangat, mengoleskan perasan air jeruk nipis yang sudah dicampurkan dengan minyak telon pada perut yang kembung, mengonsumsi yougurt tawar atau pun mengonsumsi buah pepaya. 

Salah besar jika kita memilih minuman bersoda atau semacam nya untuk mengatasi perut kembung, karena jenis minuman itu akan membuat perut akan terasa lebih kembung. Menjaga asupan makanan yang kita konsumsi itu sangat penting, jika kondisi fisik sedang lemah, bisa saja selain nyeri haid dan perut kembung penyakit yang lain bermunculan. Sekedar tips dari gue semoga bermanfaat ^_^

18 Juni 2012

Manfaat Dari Beberapa Buah dan Sayur




Ishh... gue seneng banget kalau udah ngebahas yang namanya buah sama sayur, bisa dibilang gue vegetarian.. suka sayur dari pada ikan dan daging.. (bukan berarti gue kambing loh yaaa)
Bagi yang jarang makan buah dan sayur, gue punya info manfaat tentang itu, siapa tau bisa merubah pola pikir yang dulu nya ga suka makan buah dan sayur, sekarang berusaha untuk suka.. hehehe

Ini List nya :

Alpukat
Punya asam lemak yang sehat, vitamin dan mineral seperti kalsium , dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kabohidrat dan baik juga untuk menutrisi kulit yang kering agar terlihat lebih cantik.

Anggur
Anggur sangat bagus buat menambah energi tubuh kita, sangat baik untuk kesehatan ginjal dan hati, memiliki senyawa yang mencegah terbentuknya sel kanker, serta mencegah serangan jantung, kelelahan, kram otot, infeksi virus, dan mencegah pembentukan lubang pada gigi.

Apel
Buah ini dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh, seratnya baik untuk pencernaan kita, daging buahnya baik untuk melarutkan kristal asam pada sendi, dan juga baik untuk orang yang mengalami kegemukan.

Bayam dan Kangkung
Memiliki banyak vitamin dan mineral, yaitu kalsium, zat besi, kalium, vitamin A dan C. dan sayur ini merupakan sumber enegri yang cepat serta sangat baik untuk penderita asma, anemia, kelelahan, pencernaan dan osteoporosis.

Kubis
Wah, untuk sayur yang satu ini mungkin ga terlalu banyak penggemarnya kali yaa.. padahal kubis mengandung serat yang tinggi dan kandungan sulful nya tinggi, sulfur dalam tubuh berguna untuk menetralkan efek toxic dari kobalt, nikel, dan tembaga yang berlebihal dalam tubuh dan dapat menghilangkan lemak, sangat baik untuk penderita kanker, kolesterol tinggi, dan diabetes. Sayur ini juga baik untuk menurunkan berat badan.

Melon
Buah ini kaya akan vitamin A dan C, sedangkan melon yang berwarna kuning mengandung banyak beta karoten yang baik untuk mata. Baik untuk menghilangkan kanker paru-paru, obesitas, dan gangguan lambung.

Mentimun
Buah ini sangat rendah kandungan kalorinya, baik untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, gangguan hati, kesehatan rambut dan kuku. Tapi hati-hati bagi yang menderita kurang darah atau anemia dalam mengonsumsi buah ini, karena buah ini dapat menurunkan tekanan darah.

Selada
Sayur yang efektif banget buat menurunkan berat badan, sangat baik untuk mengobati batuk, insomnia, membersihkan darah, dan membuang deposit lemak.

Seledri
Mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres, baik untuk alergi, sulit berkonsetrasi, dan hiperaktivitas.

Tomat
Tomat buah yang kaya akan vitamin C dan beta karoten, dan mengandung bahan pelawan kanker, sangat baik untuk orang yang mengalami nafsu makan rendah, gangguan hati, PMS, gangguan prostat dan kegemukan.

Wortel
Mengandung setiap mineral yang diperlukan oleh tubuh, kalsium, zat besi, magnesium, yang merupakan unsur pembangun darah. Mengandung banyak beta karoten dan vitamin A, baik untuk penyakit hati, rabun senja, membersihkan darah, menurunkan kolesterol, kanker, gangguan kulit, menghilangkan lemak.
Tautan
SUMBER

Beda vitamin C dari buah dan suplemen

Biasanya kalian lebih milih yang mana untuk memenuhi kebutuhan vitamin C kalian tiap hari nya? makan buah atau suplemen?
Vitamin C yang di dapat dari buah dan suplemen ternyata banyak perbedaan nya. Apa itu? apa itu?

Kalau kita meminum suplemen, memang lebih praktis dan lebih mudah untuk mendapatkan vitamin C dengan kadar yang tinggi secara cepat, tapi... lebih dianjurkan jika kita mendapatkan vitamin C langsung dari buah, karena lebih mudah diserap tubuh dan bisa bertahan lama di dalam tubuh.

Jika suplemen hanya memberikan manfaat vitamin C nya saja, buah bisa memberikan manfaat lain selain vitamin C, buah juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Vitamin C dari buah lebih mudah diserap 5 kali lebih cepat di bandingkan suplemen.

Mengapa vitamin C diperlukan?
Vitamin C diperlukan dalam tubuh manusia sebagai antioksidan, vitamin C diperlukan dalam kadar yang lebih banyak jika seseorang terpapar polusi oleh lingkungan, khusus nya buat kita-kita yang tinggal di perkotaan yang banyak debu dan panas yang bisa memicu radikal bebas.. yang memicu kanker dan cepat keriput.. hihihi hufffttt... ga mau kan? ga mau kan? :D

Buah yang banyak mengandung vitamin C itu banyak, contoh nya : Jeruk, Kiwi, Stroberi, Pisang, pepaya, buah dari jenis Berry, dan cherry..

Nah, dah tau kan beda nya? hehehe jadi tau harus pilih yang mana.. :D

15 Oktober 2011

Semua Tentang Golongan Darah O

Saya juga salah satu nya orang yang memiliki golongan darah O hehe.. saya penasaran gimana sih sebenarnya sifat, ketahanan tubuh, dan yang lainnya tentang golongan darah yang satu ini..
Berikut ada informasinya nih disimak yooo :D

Konon katanya Golongan darah O merupakan golongan darah paling kuno dalam sejarah manusia. Gen untuk golongan darah O berkembang pada suatu titik ketika peradaban manusia beralih dari hidup berburu dan berpindah-pindah (nomaden) ke komunitas agraris yang menetap di suatu tempat.

2 September 2011

Healty Vegetarian Food

Dari judulnya saja sudah tau tema blog ini apa, hehe karena saya adalah termasuk vegetarian atau suka memakan sayur-sayuran, maka saya mau berbagi tentang betapa pentingnya makan sayur dan sayur itu rasanya sangat enak serta baik juga untuk tubuh kita tentunya.

Kalau buah mungkin masih banyak yang suka mengonsumsinya tetapi kalau sayur tidak sepopuler buah bahkan ada yang anti sama sekali mengonsumsinya. padahal sayur juga sangat bagus untuk pencernaan kita dan juga bisa bikin kita awet muda dan tidak mudah gemuk loh.

Nah, dibawah ini saya akan share beberapa sayur yang tidak begitu populer tetapi khasiatnya untuk tubuh tidak kalah dengan yang lainnya serta rasanya yang saaangat enak.. hehe 
Cekidoot.....
 

Little Deer's Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design