21 March 2018

# Food # Kuliner

Saat Pertama Kali Mencicipi Oleh-Oleh Khas Kota Medan

Tepat kemaren tanggal 21 Maret 2018 gue dapat kiriman dari sahabat gue yang ada di Medan, isinya berupa oleh-oleh khas Kota Maedan gitu! Pas gue tau isinya makanan gurih gue langsung jingkrak-jingkrak kesenengan, karena memang kesukaan gue ya makanan gurih, bukan yang masin-manis yaa karena gue udah manis duluan (mari muntah masal) 😂

Pengirim paket tersebut adalah Mbak Dila Augusty (Kalian bisa search namanya di Facebook) #kabuuurr. Atau kalian klik aja namanya tersebut, kalian akan di direct ke blog personalnya yang kece badai. By the way, thanks berat ya mbak udah ngirimin oleh-oleh nya.

Ini merupakan makanan khas Kota Medan yang pertama kali gue cicipin dan ini berarti menentukan first impression gue terhadap makan dari Kota Medan (gugup ga sih) 😂. Oke, isinya tuh ada 3 item diantaranya adalah : Ikan Teri Crispy, Kerupuk Sambal, dan Sidempuan Kacang. 


Karena ini pengalaman pertama gue makan snack khas Kota Medan, maka hal ini harus gue abadikan dalam tulisan ini, dan mari kita review satu-satu!

1. Ikan Teri Crispy
Ini kemasannya paling menarik, karena berada dalam kemasan toples plastik tapi tutupnya itu macam kemasan tutup sarden (seperti yang ada pada gambar) baru diluarnya dikasih tutup lagi berbahan plastik, higienis banget. Bagaimana dengan rasanya? rasanya enak banget dan krispi, ini pertama kalinya gue ngerasain ikan teri yang ditepungin dan digoreng sampai garing.


Pertama kali ngerasain, rasanya tu ga asing, serasa udah familiar gitu. Setelah gue ingat-ingat selama sehari semalam, pagi ini gue nemu makanan yang mirip dengan rasa ikan teri crispy ini! Ternyata rasanya sama dengan Ikan Bilis Tepung Khas Banjar juga, bedanya Ikan Bilis 4 kali lebih besar ukurannya daripada ikan teri ini.

Kalau disuruh pilih Bilis krispi atau Teri Krispi, gue pasti pilih Teri lah, karena ukurannya yang kecil jadi duri ga kerasa, kalau Bilis masih kerasa duri-durinya (maklum gue takut duri ikan nancep ditenggorokan gue). Oh iya, didalam Teri Crispy nya juga terdapat bawang putih goreng juga loh, makin tambah enak 😋

2. Kerupuk Sambal
Pas denger namanya, ekspektasi gue pasti makanan ini berbentuk kerupuk, ternyata kalau di Banjarmasin ini disebutnya keripik singkong hehehe. Kerupuk Sambal ini kemasannya dibungkus plastik dan ditutup rapat, kemasannya juga bukan dari plastik yang tipis tapi cukup tebal. Saat buka kemasannya, aroma sambal uda semerbak keluar dan masuk hidung gue, terbayang rasa pedasnya gimana hihihi.


Dari sekilas yang gue liat, Kerupuk Sambal ini rada-rada mirip sama Keripik Singkong Gula Merah Pedas yang di jual di Banjarmasin, tapi bentuknya lebih kecil, maksudnya keripik singkongnya sengaja dijadikan remah-remah kemudian dicampur ke sambal gitu ya? CMIIW deh 😁

Ternyata rasanya beda sama keripik singkong yang ada disini, gurih, manis dan yang paling menonjol ya sambel nya itu loh! nampol banget di lidah dan hidung gue hehe, dan ini asli enak, gue suka banget nih. ( Yaa Allah, ampuni hamba mu, ga bisa ninggalin makanan pedas)

3. Sidempuan Kacang
Nah, Kalau Si Sidempuan Kacang ini kemasannya sama dengan si Kerupuk Sambal tadi, cuma isinya agak beda, sama-sama terbuat dari singkong tapi Sidempuan Kacang ini rasanya lebih manis, ada sih rasa pedesnya tapi dikit aja. Uniknya lagi keripik singkong nya ini dicampur sama kacang tanah juga loh, jadi ada sensasi yang berbeda saat ngunyah.


Ini bener-bener pertama kali gue makan keripik singkong dicampur sama kacang, dan rasanya juga enak, ada rasa manis, gurih, sedikit pedas dan teksturnya cukup krispi.

RANKING
Gue mau kasih ranking nih mana yang paling gue suka dan menurut gue enak pakai banget (tapi semuanya juga enak dan gue suka semua), tapi tiap orang pasti ada dong makanan yang paling disuka, nah kalau gue :

1. Kerupuk Sambal
2. Teri Crispy
3. Sidempuan Kacang

Bener kata temen gue yang komen distatus gue waktu itu, katanya Kerupuk Sambalnya itu enak banget dan bikin nagih! walaupun aroma sambalnya menyengat, tapi rasanya nampol banget deh. Kalian kalau jalan-jalan ke Medan juga harus coba jajanan ini. Oh ya, kalau kalian mau cari refrensi tempat wisata atau info tentang Kota Medan, mungkin kalian bisa baca disini, it's all about Medan. 

Satu hal yang bikin gue seneng dari kiriman paket Mbak Dila ini, yaitu gue bisa liat tulisan aslinya Mbak Dila 😂 Bagus yaa.. selama ini kan gue cuma bisa liat tulisannya melalui blog, nah ini the real tulisan tangan nya hihi

Okedeh, segini dulu ya review tentang oleh-oleh khas dari Kota Medan nya dan kalau kalian mau kirim makanan khas kota kalian ke gue juga gapapa, gue terima dengan senang hati 😂 dan terima kasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bermanfaat ya 😊

8 comments:

  1. pas ke Medan aku ga disaranin beli oleh2 beginian mba malah yang manis macam pancake durian terus bolu meranti pokoknya serba manis padahal kan aku uda manis *dilemparin kerupuk sambal* hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha.. kita sama2 manis yak 😂 (ember mana ember)
      boleh juga tuh minta kirimin pankace tp gimana caranya supaya gak basi 😂

      Delete
  2. Tulisan tanganku cantik kaaaaan ??? Secantik orangnya. Hahaha ...




    ReplyDelete
    Replies
    1. Cantik bangeettts.. akan ku simpan tulisan mu ini mbak wkwkw

      Delete
  3. mantap juga nich oleh-oleh khas medan. bisa jadi rekomendasi nich kalau nanti mampir ke medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, apalagi kerupuk sambal nya enak bangettt hehe

      Delete
  4. Keripik sambalnya ini iya macam singkong yang ditumbuk hancur ya. Enak ini kalau pedas ya, bisa untuk makan nasi juga. Dimakannya pakai teri krispi nih. Udah nggak usah mikirin lauk lagi, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mbak, tapi rasanya endesss banget karena ada sensasi terinya :D

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)