11 March 2018

# Beauty # kosmetik

Cara Memilih Kosmetik yang Aman dan Berkualitas

Hallo Beauties..
Sekarang ada sebagian orang yang lebih memilih kosmetik brand luar karena merasa kualitasnya pasti akan terjamin bagus dibanding memilih kosmetik lokal. Tapi jangan salah, sekarang kosmetik brand lokal kualitasnya juga sangat bersaing loh!
Nah gimana nih caranya memilih kosmetik lokal yang aman digunakan serta berkualitas? yuk simak beberapa tips berikut!


1. Aman
Produk berkualitas pastinya harus aman dan lulus segala uji. Ini merupakan hal wajib sebelum produk dipasarkan. Misalnya stability test yang memastikan produk tersebut tidak memiliki reaksi buruk pada kulit, begitupula untuk lipstick, bedak, maupun yang lainnya harus aman dan tidak merusak bibir dan wajah.

Selain itu kandungan yang ada pada kosmetik juga harus diperhatikan, ada beberapa zat yang berbahaya yang dapat merusak kulit serta berdampak buruk pada kesehatan, misalnya : Mercuri (Hg), Hidrokinon, Asam Retinoat/Tretinoin/Retinoic Acid, Resolsinol, Bahan pewarna (Bahan pewarna merah K.3 (CI 15585) Merah K. 10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (Cl 12075), bahan pewarna ini sering digunakan pada lipstick dan eyeshadow. Jadi Kalian harus lebih berhati-hati dan melihat kembali komposisi atau kandungan produk yang akan kalian beli ya.

2. Tren
Jika kalian memilih produk tertentu, pastikan juga sesuai dengan tren misalnya untuk foundation kini semakin beragam, ada BB Cream, CC Cream dan DD Cream. Begitupula untuk lipstick sangat banyak ragamnya, mulai dari Matte, lipgloss, lipcream dan sebagainya.

3. Harga
Harga mahal tidak menjamin kualitas yang bagus begitupun juga jangan tergiur dengan harga yang murah, hal pertama yang peting diperhatikan yaitu kandungannya apakah sudah aman atau masih mengandung bahan berbahaya, lalu apakah cocok dengan jenis kulit kita, warna kulit dan pertimbangan yang lainnya.

4. Periksa kondisi kosmetik, apakah masih baik atau tidak

5. Jangan gunakan kosmetik yang sudah rusak, berubah bentuk dan warna

6. Gunakan kosmetik sesuai petunjuk yang ada pada kemasan

7. Gunakan terlebih dahulu kosmetik pada daerah belakang telinga atau dibalik telapak tangan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan pada produk saat pertama kali digunakan.

8. Pada kemasan memiliki keterangan yang lengkap, misalnya : nama, alamat perusahaan, kegunaan dan cara penggunaan, komposisi, tanggal produksi hingga tanggal kadaluarsa.

9. Simpan kosmetik dengan baik sesuai dengan petunjuk

10. Berhati-hati terhadap produk palsu, biasanya semirip-miripnya dengan produk asli akan ada perbedaan pada produk palsu dan yang asli.

Nah, itu dia beberapa cara memilih kosmetik yang aman dan berkualitas, karena sayang banget jika kita menggunakan kosmetik yang salah pada wajah yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi rusak hingga berakibat fatal. Thanks sudah mampir dan sampai jumpa di postingan yang berikutnya 😊

No comments:

Post a Comment

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)