7 February 2018

# Banjarmasin # Taman Edukasi

Taman Edukasi Lalu Lintas Banjarmasin

Bagi warga Kota Banjarmasin adakah yang sudah tau tentang Taman Edukasi Lalu Lintas? Taman yang terletak di Jalan AES Musyafa Banjarmasin Tengah ini baru aja loh diresmikan beberapa minggu yang lalu oleh Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, dr Erni Guntarti Tjahyo Kumolo, dan mereka juga bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Ditlantas Polda Kalsel. (Sumber : Tribunnews Banjarmasin)


Dulunya Taman Maskot Banjarmasin ( Kebun Binatang )
Anak 90an mungkin masih ingat kalau tempat ini dulunya adalah sebuah kebun binatang atau taman maskot, dimana letaknya berdekatan dengan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin. Dulu tak hanya kebun binatang yang ada disitu namun juga tersedia wahana bermain anak-anak seperti sangkar burung yang diputar tinggi alias semacam biang lala.

Anak-anak seangkatan gue dulu mungkin adalah merupakan hal yang sangat luar biasa jika diajak jalan-jalan kekebun binatang di Taman Maskot tersebut, dimana gadget masih sangat langka. Fiuuhh banyak kenangan bersama keluarga saat jalan-jalan kesana.

Sekarang kebun binatang yang ada di Taman Maskot sudah dipindah ke tempat lain yaitu kedaerah Jahri Saleh, mungkin kebun binatang sekarang ga se ramai dulu. Tempatnya pun masih banyak yang ga tau karena bukan dipinggir jalan besar.

Sempat Dua Kali Ganti Nama
Setau gue nih ya, awal-awal dulu namanya adalah Taman Edukasi Lalu Lintas, kemudian gue datang lagi pada hari peresmian taman tersebut gue liat berubah lagi menjadi Taman Edukasi Banua, dan setelah beberapa minggu gue kesana lagi tulisan didepannya udah berubah lagi kembali menjadi Taman Edukasi Lalu Lintas.
Tempat Refreshing dan Pendidikan
Taman ini dibangun bukan hanya untuk refreshing loh, tapi juga sebagai sarana pendidikan khususnya anak-anak dalam pembentukan karakter dan pengenalan segala macam hal yang berkaitan dengan lalu lintas. 
Dilengkapi dengan Berbagai Macam Sarana dan Fasilitas
Taman Edukasi Lalu Lintas ini menurut gue terbilang lengkap dan unik, disana kalian akan melihat sebuah kereta yang cukup besar berada didalam taman dan itu bukan hanya untuk pajangan tapi juga bisa dinaiki dan dijalankan (oleh masinisnya pastinya hehe) namun sampai sekarang gue belum berkesempatan naik tuh kereta.
Selain itu juga terdapat Rumah Souvenir dimana kita bisa beli berbagai macam souvenir khas dari Taman Lalu Lintas, Playgroup, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, tempat sampah, tempat cuci tangan diberbagai sudut taman, toilet bersih, dermaga rekreasi air, Rumah Pintar, Bangunan KIA dan masih banyak lagi, gue bilang tempat ini keren banget dan sangat mengedukasi khususnya untuk anak kecil

Jam Buka
Karena didalam taman tersebut terdapat sekolah TK atau PAUD (cmiiw) maka jika hari kerja / sekolah taman ini dibuka setelah anak-anak yang bersekolah disana sudah pulang semua, baru taman ini dibuka untuk umum, bener juga sih, meunurut gue ini untuk keamanan dan keselamatan anak-anak yang bersekolah disana dan mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Namun jika pada weekend atau sabtu-minggu taman ini dibuka dari pagi sampai sore 😏


Tidak Ada Yang Berjualan Makanan
Kalau kalian jalan-jalan ketaman ini tujuannya juga pengen kulineran, siap-siap kecewa karena di Taman Edukasi ini ga ada pedagang yang berjualan mie ayam, bakso dan kawan-kawannya sekalian, bahkan yang jual es pun ga ada, kalau mau ngemil kalian bisa beli snack di Rumah Souvenir yang ada di lingkungan Taman Edukasi ini. 
Tuh, dengan adanya Taman Edukasi Lalu Lintas ini anak kecil udah diajarin tentang lalu lintas, masa kita yang udah dewasa masih sering melanggar peraturan lalu lintas? apa perlu sering-sering kesini buat belajar lagi  ngafalin rambu-rambu dan tanda-tanda lalu lintas lain yang ada dijalan? 😀

8 comments:

  1. menurutku arena permainan di taman ini masih kurang euy. pengennya ada penyewaan sepeda biar anak-anak bisa belajar lalu lintas dengan naik sepeda ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia Mba Antung, sepede-sepeda kecil untuk anak-anak belajar lalu lintas disana ya.. ga cuma jalan kaki disekitar taman ^_^

      Delete
  2. Keren ada taman edukasi seperti ini, bisa menjadi sarana bermain sambil belajar bagi anak..Mungkin bisa ditambahkan perpustakaan untuk melengkapinya ya Mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin untuk mengganti perpustakaan disini menggunakan Rumah Pintar Mbak ^_^ tapi tempat ini belum dibuka sepenuhnya untuk umum :)

      Delete
  3. kebetulan aku tinggal di pangkalan bun tapi mertua sering banget jalan jalan ke banjar, kapan kapan ke banjar boleh nih mampir kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak mampir.. nanti kalau keretanya udah jalan pasti lebih seru lagi ^_^

      Delete
  4. tempatnya keren banget.. jadi ingin deh maen kesana hhe

    ReplyDelete
  5. Gebrakan yang sangat bagus, patut dicontoh daerah lain.

    ReplyDelete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^