3 February 2018

# Kampung Pelangi # Perkampungan

Kampoeng Pelangi Banjarbaru, Kok Sepi?

Beberapa minggu yang lalu gue punya kesempatan buat jalan-jalan ke daerah Banjarbaru Kal-Sel, dan sudah lama gue pengen banget mampir ke Kampung Pelangi ini, gue rasa gue terlambat banget ya dateng kesini.. yaah.. mau gimana lagi, buruh pekerja kalo libur ya kerjaannya mager hehe


Diawal pembukaannya kampung ini rame diperbincangkan banyak orang dan ga sedikit orang juga yang penasaran dan pengen melihat langsung Kampung Pelangi ini, tema "Pelangi" belakangan ini memang lagi trend di Indonesia, banyak kampung-kampung atau pemukiman diberbagai kota di Indonesia yang menggunakan tema ini untuk mempercantik kampung atau kawasan pemukimannya, Eittss.. bukan berarti Kampung Pelangi harus dengan gambar pelangi ya, tapi rumah-rumah, bangunan, serta jalannya nya dihias dengan berbagai cat seperti Kampung Pelangi yang ada di Semarang dan kota-kota lainnya di Indonesia


Seperti tak mau kalah dengan kampung-kampung maupun pemukiman pelangi yang lainnya seperti gambar diatas, Banjarbaru juga punya Kampung Pelangi, tepatnya dijalan Kemuning, Banjarbaru. Pemerintah setempat rupanya lagi gencar menghias kampung-kampung atau pemukiman yang ada agar terlihat bagus, menarik dan cantik serta menghilangkan kesan kumuh karena kerapatan rumah yang tinggi dan jalan yang sempit. Hmm menurut gue sih programnya berhasil..

First Impression Masuk Kampung Pelangi Banjarbaru Kal-Sel
Sepi, kriikk...kriikkk.. yes.. sangat sepi sampai-sampai gue pikir kampung ini ga ada penghuninya, what?? iya, karena hampir ga ada satu orang pun yang gue liat jalan atau hanya sekedar duduk-duduk diteras rumah mereka, untungnya masih ada tanda-tanda kehidupan disana dengan adanya grumpy cat yang duduk diteras rumah, warung kecil yang buka dan 2 orang anak kecil sedang bermain dipinggir kali (tenang gue sekarang).


Second Impression
Karena kampung ini ga terlihat banyak orang yang berlalu lalang gue mulai menemukan kedamaian *halah, tapi beneran, kampung ini tuh damai banget dengan adanya sayup-sayup suara gemericik air yang mengalir ke sungai yang membelah kampung ini menjadi 2 daerah bagian, 2 bagian kampung yang terpusah ini dihubungkan oleh jembatan yang ada ditengah-tengah kampung. 


Dalam hati gue berguman, ni kampung cocok banget deh kayaknya buat gue yang memiliki kepribadian introvert ini karena saking tenangnya hihihi ya, gue ga suka yang bising-bising selain dengerin lagu-lagu metal, rock, dan semacamnya. Wait, bagaimana dengan kebersihan di Kampung Pelangi Banjarbaru ini? Hmm.. gue rasa disini cukup bersih, karena gue ga menemukan sampah-sampah plastik dari yang besar sampai yang kecil sepanjang jalan kampung ini (mata jeli karena jiwa pemulung gue keluar, nyari sampah plastik dan receh). Disni yang namanya tempat sampah ga kekurangan sama sekali, ada aja di setiap beberapa meter jalan, that's why ya tempat ini bersih.



Dibeberapa bagian kampung ini juga dihiasi dengan payung warna-warni yang digantung di atas jalan, ga lupa juga tempat duduk yang cukup cozy dipinggir-pinggir jalannya, tapi menurut gue masih cukup panas kalau duduk disana saat tengah hari soalnya pohon-pohon yang ada disana ga cukup rindang. 

Selain itu, di beberapa tembok rumah banyak terdapat lukisan-lukisan yang cukup menarik dan instagramble😎
How About Tiket Masuk?
Jangan khawatir, kalau dibeberapa kampung pelangi di kota lain harus bayar untuk masuk kampungnya, disini masuk Kampoeng Pelangi Banjarbaru ini free alias gratis, cukup mengisi buku tamu Kampoeng Pelangi yang sudah disediakan penduduk setempat yang ada disalah satu teras rumah mereka seperti dibawah ini! gue liat dari list pengunjungnya udah hampir seribuan sih. Wajar aja pas gue dateng sepi amat, lha gue telat datengnya wkwkw

Mungkin kampung ini bakalan lebih rame kalau ada wahana bermain untuk anak-anak, atau mungkin semacam perahu karet untuk dimainin ditengah sungainya, atau bisa juga dibuka berbagai macam warung yang menyediakan berbagai kuliner (gue kalau kuliner mah no. 1). Oh iya, dari yang gue liat disini bakal dibuka Taman Baca Kampoeng Pelangi, soon.. Entah sekarang udah dibuka atau belum, ah seandainya jarak rumah gue dengan kampung ini deket mungkin gue bakalan sering mampir ke taman baca nya (baca komik). 


Itu dia pengalaman gue jalan-jalan ke Kampoeng Pelangi Banjarbaru Kalimantan Selatan, gue harap kampung ini makin bagus dan berkembang sehingga banyak pengunjung yang datang dan pengen balik lagi kesini menikmati suasana kampung pelangi yang ada disini, terima kasih sudah mampir dipost ini ya 😊

4 comments:

  1. Bersih y mbk... klo di Semarang mah msh ada kesan slum area

    ReplyDelete
  2. Akhirnya nulis lagi. Yeeeey... Goyang India. Goyang India. Sya la la la la

    Aku melihat ada penampakan bidadari bersayap disana

    Berapa hari lalu aku liat kampung ini di TV, baru mau aku tanya. Eh udah ditulis rupanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mbak, akhirnya aku nulis lagi hahahaha sedikit demi sedikit menghilangkan kemalasan 😂

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)