20 December 2017

# Makanan # Resep

Saat Pertama Kali Membuat Masakan Sayur Ayam Tahu Santan

Jika anda sedang malas memasak sayur dan lauk untuk makan, anda bisa mencoba
resep yang satu ini; Sayur Ayam Tahu Santan. Dengan memasak sayur yang satu ini, anda
sudah memasak sayur berserta lauknya sekaligus. Hemat waktu dan hemat tenaga. Saya
juga pernah melakukanya, dan resep kali ini juga saya bagi berdasarkan apa yang telah
saya lakukan sendiri. So, semoga anda juga menyukainya.


Namun, bukan berarti sayur ini asal-asalan. Sayur Ayam Tahu Santan merupakan
salah satu masakan yang lezat untuk dinikmati khas Indonesia. Memasak Sayur Ayam Tahu
Santan sebenarnya sama dengan memasak sayur santan pada umumnya. Hanya saja, isi
sayur ini lebih lengkap karena sudah ada potongan ayam dan tahu yang biasanya disajikan
sebagai lauk yang terpisah.

Sebagai sekilas pengetahuan, mengkonsumsi daging ayam sangat disarankan karena
daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam
juga banyak diyakini dapat menurunkan berat badan, tekanan darah, mengontrol kadar
kolesterol, serta mengurangi risiko kanker.

Sedangkan tahu memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah berguna. Dalam tahu,
terkandung beberapa nutrisi berupa 68 kilokalori energi, 7,8 gram protein, 1,6 gram
karbohidrat, 4,6 gram lemak, 124 miligram kalsium, 63 miligram fosfor, dan 1 miligram zat
besi. Tahu juga mengandung 0 IU vitamin A, 0,06 miligram vitamin B1 dan 0 miligram
vitamin dalam setiap 100 gram Tahu.

Nah kali ini, kita juga akan menggunakan Sasa Santan Kelapa yang memiliki
kandungan sama dengan kelapa yang baru diperas. Ia dikemas sudah matang dan siap
pakai, sehingga tidak membuat repot kita semua. Sasa Santan Kelapa ini juga memiliki
aroma dan rasa sesegar kelapa yang diperas, plus juga tidak ada pengawet di dalamnya.
Makanya cocok untuk semua masakan, entah itu minuman maupun makanan.

Resep Sayur Ayam Tahu Santan

Bumbu andalan yang menjadikan resep kreasi masakan Sayur Ayam Tahu Santan lebih nikmat dan lezat, salah satunya Sasa Santan Kelapa

Saya telah merangkum resep sayur ayam tahu santan untuk anda yang ingin
mencoba memasak sayur ini. Bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan mudah
didapatkan di sekitar kita. Baik di toko-toko maupun di pasar. Selain itu, cara memasaknya
pun relatif tidak memakan waktu yang lama.
Sebelum memasak sayur ayam tahu santan, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan di
bawah ini:
  •  6 potong ayam yang sudah direbus (atau dipresto juga boleh)
  • 4 buah tahu, potong sesuai selera anda, kemudian goreng terlebih dahulu.
  • 1 buah Sasa Santan Kelapa, campur dengan 300 ml air.
  • 1/4 bagian labi siam, potong kecil seperti korek api
Bumbu Halus:
  • 5 buah cabe keriting
  • 1 buah bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 1 buah kemiri, sangrai atau goreng.
Bumbu Iris:
  • Air secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • 1/2 bagian tomat
  • 1 lembar daun jeruk yang dibuang tulang daunnya
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang serai yang sudah digeprek
  • 1 ruas lengkuas yang sudah digeprek
  • 1/2 gandu gula merah
Cara Memasak Sayur Ayam Tahu Santan:
 
1. Tumis bumbu halus hingga aromanya harum, lalu tambahkan bumbu iris yang sudah
dipersiapkan
2. Masukkan Sasa Santan Kelapa, kemudian tambahkan ayam, tahu, serta labu.
3. Tambahkan air secukupnya, lalu koreksi terlebih dahulu rasanya. Tambahkan bumbu
yang dirasa kurang.
4. Masak hingga sayur mendidih dengan api sedang. Sesekali aduk sayur agar santan
tidak pecah
5. Sayur Ayam Tahu Santan siap untuk disajikan
6. Tambahkan bawang goreng untuk penyedap dan pemanis tampilan.

Nah itu dia cara membuat Sayur Ayam Tahu Santan yang lezat. Karena dengan hadirnya Sasa Santan, Aslinya Santan akan membuat masakan lebih yummy. Yuk bikin resep kreasimu dengan menggunakan Sasa Santan Kelapa 😋

11 comments:

  1. Ada cabe keritingnya..berarti ini pedas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, ada pedes nya dikit tp masih sopan hehe karena ada santan nya.. 😊

      Delete
  2. Kalau deket udah kuminta tuh masakan hasil olahan Galuh Banjar niy. Sayang jauh, cuman bisa liat gambar doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diserbu mba dila nih kalo deket :D sabar ya mba.. kebagian gambarnya doank.. hihihi

      Delete
  3. Kayak gulai ya jdnyaa.. Aku seharusnya doyan sih masakan bersantan gini krn dari dulu di keluarga, jg rata2 masakan santan. Palingan kalo resep ini aku coba, utk cabenya aku banyakin biar pedas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kayak gulai mba, bisa tuh ditambahin cabenya, soalnya ini kurang pedas :D

      Delete
  4. kayaknya enak mbak, saya juga kalau masak beginian jadi lebih praktis, ya. Kalau di rumah sayurnya biasa pakai kol atau kentang digoreng kemudian masukin deh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin cocok juga mba sama kol atau kentang goreng ^^

      Delete
  5. nggak pakai kunyit ya? aku biasanya kalau masak besantan gini pakai kunyit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake kunyit lagi mba Antung, cabe keritingnya cukup bikin merah :D

      Delete
  6. Okay mbak otw Kalimantan jangan lupa sajikan ini ya 😂😆💃

    ReplyDelete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^