20 December 2017

# Aplikasi Smartphone

Praktisnya Scan Dokumen Menggunakan Smartphone Dengan Adobe Scan

Bagi kalian yang bekerja kantoran, mahasiswa atau kadang kalian harus mengirim suatu dokumen dalam bentuk PDF / Scan tapi scan dikantor sedang rusak atau bahkan ribet dan memakan banyak waktu, atau pada saat-saat penting kamu harus mengirim suatu dokumen secara mendadak tapi disekitar kamu sedang ga ada scanner?

Sekarang tuh ada aplikasi scan lewat hp yang gampang banget digunakan dimanapun kamu berada, ga perlu scanner atau apalah itu namanya, bisa lebih cepat mengerjakannya dan hasilnya jauh lebih bagus daripada menggunakan alat scan biasa. 


ADOBE SCAN
Kalian bisa menemukan aplikasi ini di Play Store atau App Store dengan nama Adobe Scan, sebenernya sih aplikasi ini sudah tergolong cukup lama, tapi gue baru nemuin ini karena ada suatu kepentingan untuk scan dokumen yang bejibun dan hasilnya gue ketemu aplikasi ini. 

Oh iya, Adobe Scan ini merupakan salah satu aplikasi terbaik sepanjang tahun 2017 loh, menurut gue wajar banget karena helpfull and usefull banget, mempermudah pekerjaan kantor gue, cukup menggunakan smartphone, gue bisa bisa scan dokumen dengan cepat dan hasilnya pun bagus.

Mau tau cara menggunakannya? Yuk simak beberapa cara dibawah ini 😊

Download terlebih dahulu aplikasi Adobe Scan di Smartphone kamu 



Setelah selesai terinstal, akan muncul gambar seperti yang ada diatas, kamu bisa login menggunakan akun facebook, Google atau daftarkan email kamu. Menurut gue lebih praktis masuk melalui Facebook

Cari apapun yang mau kamu scan, bisa buku, ijasah, diktat, laporan, foto, apa aja deh.
Buka terlebih dahulu aplikasi Adobe Scan yang sudah terinstal di smartphone kamu, arahkan kamera belakang smartphone kamu ke buku/dokumen yang mau kamu scan, biarkan dia mendeteksi sendiri objek tersebut tanpa diklik apapun, hold steady kamera smartphone kamu ke objek tersebut, jangan sampai goyang ya sampai muncul arsir biru pada buku/dokumen yang kamu scan seperti gambar diatas.

Taraaa... ini hasil dari scan buku tadi, semua background yang ga penting dan mengganggu hilang otomatis dan ga miring-miring kayak pakai alat scan biasa 😀 hasilnya pun lebih bersih kan?

Kalau masih belum puas dengan hasilnya kalian bisa ngecrop sendiri buku/dokumen yang kamu scan tadi, tapi bagi gue ini ga perlu lagi deh karena mostly tadi hasilnya udah bagus.

Kalian bisa milih juga efek yang mau kalian pakai pada hasil scan kalian tadi, bisa original, auto color, grayscale, atau whiteboard. Kalau contoh yang diatas itu gue menggunakan efek grayscale.


Kalau sudah, save as PDF dan muncul hasilnya seperti gambar yang ada diatas, gambar sebelah kiri sedang menyimpan file dan belum selesai, sedangkan gambar ditengah siap untuk digunakan atau di edit lagi, jika mau mengedit atau mengcopy tulisan yang ada dibuku, kalian klik tulisan "Open In Acrobat" seperti digambar ditengah. Otomatis kalian diharuskan mendownload aplikasi Acrobat Reader.


Beginilah tampilan ketika dibuka di Acrobat Reader saat kalian mau ngedit


Disana terdapat berbagai pilihan menu untuk mengedit dokumen/buku yang sudah kalian scan, kalian bisa menggaris bawahi bagian-bagian penting dari tesk tersebut, kalian juga bisa meng-copy teks dari dokumen/buku yang sudah kalian scan tadi.


Disini kalian juga bisa bikin rangkuman teks-teks penting pada buku yang kalian scan dan kalian bisa kasih judul agar mudah mencarinya saat membuka aplikasi tersebut, dan satu lagi.. kalian bisa mengganti warna underline pada teks yang kalian anggap penting.

Itu dia aplikasi penolong gue saat harus scan beberapa dokumen dengan cepat dan praktis, untuk lebih jelasnya kalian bisa utak-atik sendiri di aplikasinya hehe semoga bermanfaat ya 😉

10 comments:

  1. aku juga baru tahu ini karena rekan kerja yang nyaranin biar ga ribet katanya mending scan di HP gampil tinggal crek y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, gampang banget ya.. ga perlu alat scan yang besar lagi hihihi

      Delete
  2. Aplikasi begini memudahkan banget yaa buat yang nggak punya scanner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Antung, cocok banget buat kantoran, mahasiswa maupun pelajar.. praktis banget��

      Delete
  3. Aplikasinya sngat membantu banget, dan tentnya sangat sangat praktis :)

    ReplyDelete
  4. wah, sangat bermanfaat saat mengerjakan tugas seperti makalah...

    ReplyDelete
  5. Penting nih. Aplikasi ini memudahkan kita yang butuh scan dokumen dengan cepat. Nggak ribet.

    ReplyDelete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^