25 December 2017

# Perkampungan # Travelling

Kampung Hijau Sungai Bilu Banjarmasin - Bentuk Mulai Majunya Pola Pemukiman Masyarakat Tepian Sungai Martapura

Banjarmasin memiliki julukan "Kota Seribu Sungai", bukan tanpa dasar Banjarmasin memiliki julukan tersebut, itu karena Banjarmasin memiliki banyak sekali sungai, dari yang besar hingga yang kecil. Sungai Martapura merupakan salah satunya, sungai besar yang membelah Kota Banjarmasin.


Sejak dahulu masyarakat Banjarmasin juga dikenal dengan kebudayaan sungainya, karena sebelum adanya jalan darat yang memadai, sungai menjadi pemenuh hajat hidup, transportasi dan komunikasi bagi para penduduk setempat, jadi wajar jika banyak rumah penduduk terkonsentrasi disepanjang tepian sungai-sungai yang ada di Banjarmasin.


Gue ingat dulu dosen gue pernah membicarakan masalah peradaban sungai ini, khususnya di Kota Banjarmasin, kira-kira beliau berkata seperti ini : " Masyarakat dipinggiran sungai kita ini senang sekali buang sampah sembarangan di sungai, kenapa? ya karena sungai nya ada dibelakang rumah, mau kotor atau sebanyak apapun sampah yang dibuang, toh letaknya juga dibelakang rumah (ga keliatan), coba kalo di puter, belakang jadi depan, depan jadi belakang (sungai nya ada didepan rumah, bukan dibelakang rumah lagi) siapa yang mau buang sampah sembarangan didepan rumah sendiri? kan keliatan kalo buang sampah sembarangan" 

Aktifitas Warga Tepian Sungai Martapura
Saat gue ingat kutipan diatas setelah sepuluh tahun berlalu, I Think He's Really Really Genius! Kenapa gue bilang demikian? karena Pemerintah Kota Banjarmasin sekarang sudah mulai menata pemukiman ditepian Sungai Martapura yang ada di Banjarmasin dengan konsep seperti yang beliau jabarkan pada saat memberikan materi kuliah gue dulu, entah ini sebuah kebetulan atau memang konsep pemukiman ini sudah ada sejak dulu tapi baru saja terealisasi.

Pemukiman yang gue maksud itu adalah Kampung Hijau yang terletak di Kelurahan Sungai Bilu Banjarmasin Timur, hampir semua rumah disini menghadap ke arah sungai, bukan membelakangi sungai lagi, didepannya dibuatkan siring dan pagar pembatas teras rumah dengan sungai serta fasilitas lainnya seperti tempat sampah, lampu jalanan dengan solar system, tempat duduk untuk bersantai dan lain-lain.

Suasana Pemukiman Kampung Hijau
Ini merupakan program "Bedah Rumah"  ala Pemerintah Kota Banjarmasin yang menyulap kawasan pemukiman warga tepian Sungai Martapura di Kelurahan Sungai Bilu menjadi Kampung Hijau yang memang semua cat rumah di kawasan ini berwarna hijau, tentu kawasan tepian sungai ini terlihat lebih bagus dan tertata serta tidak terlihat kumuh lagi (Big applause to Pemkot Banjarmasin) 😚

Menurut gue jika pola seperti ini diterapkan diseluruh pemukiman tepian sungai yang ada di Kota Banjarmasin, sedikit banyaknya akan merubah mindset atau pola pikir penduduk yang bermukim ditepian sungai agar bisa lebih menjaga kebersihan lingkungannya, khususnya tidak lagi menjadikan sungai sebagai pembuangan sampah terakhir, dan gue anggap ini adalah sebuah kemajuan besar.


Hopefully program ini berlaku untuk semua rumah yang ada disepanjang tepian Sungai Martapura lainnya, agar pemukiman yang ada ditepian sungai menjadi lebih tertata, bersih, indah dan nyaman. Banjarmasin kan ingin mewujudkan Kota Sungai Terindah di Indonesia, eh kalau bisa di dunia deh 😎

Rumah tepian Sungai Martapura yang belum direhab
FYI nih guys, akses menuju Kampung Hijau ini agak sedikit sulit karena harus masuk gang-gang kecil dulu, dan gue rasa jangankan mobil, motor saja kalau sedang berpapasan lewat jalan ini sulit banget. Kalian bisa masuk di beberapa gang yang ada disepanjang Jalan Keramat Raya Kelurahan Sungai Bilu (Ps : gang arah barat ya... kalau yang timur kalian ga bakal nemu sungai nya hehehehe)

Salah satu gang menuju Kampung Hijau
Semoga tulisan gue ini bermanfaat dan bisa menambah informasi kalian ya, kalau ada salah kata atau salah tulis, mohon dimaklumi, gue hanya berbagi pengalaman 😊

12 comments:

  1. Aku baru lihat ada kampung ini. Jarang jalan ke sungai bilu soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo mba Antung.. jalan2 kesini.. asik loh 😊

      Delete
  2. Banjarmasin kota seribu sungai....kangen oiii. Liat rumah di atas sungai

    Aku dulu tuh nggak ngeh loh Mbak Shovy kalo tinggal di atas sungai awalnya. Lah wong depan rumah ya tanah biasa. Eh ternyata emang beneran di atas sungai, begitu liat bagian bawah rumahnya. Khas banget deh rumah disana. Kalo kaki kita injak kuat ke lantai, pasti bunyinya kayak ada yang kosong di bawah. Beda sama tanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget tuh mba.. ada sensasi berbeda kan kalo rumah ada diatas sungai.. hehe ciyeee yg kangen Banjarmasin 😄

      Delete
  3. Dari sejarahnya, Indonesia memang masyarakat yang dekat dengan air/sungai. Dan sudah semestinya tumbuh rasa akan kesadaran cinta sungai. Semoga ke depannya Pemkot juga memperbaiki akses menuju lokasi agar mudah dijangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. dan semoga tempat ini menjadi lebih baik lg kedepannya, bisa untuk kampung wisata juga 😊

      Delete
  4. Bener-bener seba hijau ya, Teh. Aku suka warna hijau. Terlebih cat tembok diatas, seperti warna tembok rumahku..hehe

    Sepertinya menikmati sore di kampung ini sangat amat menyenangkan ya, Teh..he

    ReplyDelete
  5. Iya mas, jadi terlihat asri dan adem ya.. hehe tempat ini dulu nya dapur mereka mas, tempat melakukan segala aktifitas dapur, sekarang sudah bagus ^_^

    ReplyDelete
  6. Hijau dalam arti sesungguhnya, termasuk tembok rumah hijau ^.^
    Semoga kebiasaan membuang sampah ke sungai bisa berhenti ya, Mbak. Semoga lebih banyak masyarakat yang sadar dan peduli pada lingkungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya, hijau tembok rumahnya, tapi mungkin ntar bakal ditanami tumbuhan juga biar lebih bagus ^^,

      Delete
  7. kalau airnya pasang, nggak banjir gitu ? tapi cakep banget viewnya, apalagi kalau sunset atau sunrise :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga mba, karena batas air pasangnya dibawah dari rumah tersebut jadi ga banjir.. hehe

      Delete

Saya sangat senang jika teman-teman bisa meninggalkan koment atau saran disini :)