Bersantai dan Liburan Murah di RPTRA Banua Anyar Banjarmasin

December 01, 2017

Hallo.. 
Long weekend nih, gue dapat libur selama 3 hari dalam minggu ini, boring kan kalau stay dirumah aja, mau jalan-jalan yang jauh juga males karena pasti ntar capek apalagi sekarang musim penghujan, gue baru inget nih kalau di Banjarmasin beberapa bulan yang lalu baru dibuka RPTRA Banua Anyar, tepatnya di kolong jembatan Benua Anyar di Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin.


For Your Information, RPTRA merupakan singkatan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, yaitu konsep ruang publik berkonsep terbuka hijau dan taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, RPTRA biasanya dibangun ditempat yang tidak strategis namun berada ditengah permukinam warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sekitar.

Nah, liburan kali ini gue putuskan untuk bersantai dan menikmati liburan murah di RPTRA Banua Anyar ini, sebenarnya gue sering banget lewat sini tapi selalu ga sempat mampir hehe. Oh iya, RPTRA ini dibangun di bawah kolong jembatan Banua Anyar loh, tempat yang dulunya kotor, tak tertata dan hanya terdapat tumpukan material disana, siapa sangka tempat yang dulunya kotor dan tak tertata menjadi tempat yang sangat bermanfaat dan indah khususnya bagi warga sekitar.


RPTRA Banua Anyar ini digagas oleh Bapak Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin, yaitu Bapak H. Ibnu Sina - Hermansyah, karena mengingat sangat sedikitnya terdapat ruang terbuka ramah anak dan tempat bermain gratis untuk anak di Banjarmasin. Dengan adanya RPTRA Banua Anyar ini juga dapat mempercantik wajah Kota Banjarmasin, lahan yang dulunya kumuh dan tidak terpakaipun menjadi sangat benmanfaat adanya.


Menurut gue tempat ini enak banget, ga panas dan merupakan tempat yang nyaman untuk sekedar santai maupun mengajak anak-anak untuk bermain disini. Beragam permainan yang ada disini juga aman untuk anak-anak, namun juga perlu pengawasan dari orang tua ya! disini terdapat permainan perosotan, jungkit-jungki (junggatan), ayunan, panggung kecil dan berbagai tanaman yang makin mempercantik tempat ini.

Jangan khawatir, rumput disini merupakan rumput sintetis yang menurut gue lumayan empuk dan bersih, so kalau kids terjatuh ga sakit-sakit amat hehe tapi untuk memasuki kawasan ini harus lepas sendal atau sepatu ya agar rumputnya tetap bersih, dan tempat ini dipenuhi dengan vertical garden yang bikin suasana disini terasa adem dan hijau, betah deh berlama-lama disini.


Kalau merasa lapar atau haus, kita bisa cari makan atau sekedar minum di salah satu sisi taman ini, disana disediakan parkir yang cukup luas dan berbagai makanan berat maupun ringan, oh iya, ada juga pizza yang terkenal enak itu loh disana hihi gue suka banget pizza nya.

Tak lupa juga RPTRA Banua Anyar ini juga banyak terdapat tempat sampah, kalo ga salah hitung ada sekitar 10 tempat sampah yang ada di RPTRA ini, cukup banyak mengingat RPTRA ini tempatnya tidak terlalu luas. Petugas kebersihannya pun rutin membersihkan sampah-sampah yang ada di tempat sampah.


Mereka adalah orang-orang hebat yang paling berjasa yang menjaga  RPTRA Banua Anyar ini agar tetap terlihat bersih dan nyaman, namun sayang nya ada saja orang yang belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan tempat umum seperti ini, gue harap jika yang melakukan ini adalah orang tua/dewasa harusnya punya rasa malu membuang sampah tidak pada tempatnya dan jika yang melakukan adalah anak-anak, gue harap orang tua nya lebih mendidik lagi anak-anaknya agar diajarkan terbiasa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, apalagi di RPTRA Banua Anyar ini banyak sekali terdapat tempat sampah yang sangat mudah dijangkau. Jika kalian tidak bisa membuat tempat seindah ini setidaknya jagalah tempat ini agar tetap terlihat indah dengan tidak membuang sampah sembarangan.


Kids pasti seneng banget kalau diajak kesini, para orang tua juga bisa ngumpul ngerumpi-ngerumpi disni sambil bawa bekal dan duduk-duduk santai diatas rumput hijau yang membentang luas (jiahh). Gue harap lebih banyak lagi tempat-tempat seperti ini dibuat di kota tercita gue ini, Kota Banjarmasin.


Oke, itu dia cerita gue bersantai sekalian liburan murah di RPTRA Banua Anyar Banjarmasin ini, kalian yang juga warga Banjarmasin dan sekitarnya juga patut coba dan datang kesini deh 😊 Terima kasih sudah mampir ya.. see you di postingan berikutnya 😊

You Might Also Like

6 komentar

  1. Nah iya walau keliatannya sepele, tapi kalau gak ada tempat sampah. Duilee...bakal bikin rusuh tempat yg harusnya bersih terus y mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba, sudah disediain tempat sampah aja masih buang sampah sembarangan -__- susah ya kalo ga di didik dari kecil

      Delete
  2. Aku belum pernah ke Banjarmasin, tapi ini keren banget mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, tempat santai yang asik buat keluarga 😊

      Delete
  3. Pengen ke sini dari kemarin nggak jadi-jadi

    ReplyDelete

Hallo, terima kasih untuk teman-teman yang sudah berkunjung. Akan lebih senang lagi jika teman-teman dapat meninggalkan jejak pada kolom komentar ini agar kita bisa saling blogwalking ^_^