8 December 2017

# Otomotif

60 Tahun ASTRA : Menginspirasi Dan Membangun Untuk Bangsa


ASTRA merupakan sebuah perusahaan multinasional yang saat ini telah menjadi satu group raksasa bisnis yang tangguh di Indonesia. Siklus ekonomi ASTRA Group dapat menyentuh segala lapisan masyarakat, dari atas, menengah hingga bawah, tak heran produk-produk yang dihasilkannya sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, mulai mobil, sepeda motor, oli, Accu, dan lain-lain.




Dibalik semua kisah sukses dari ASTRA Group hingga menjadi sebuah perusahaan multinasional tertulis perjalanan yang sangat panjang dan menginspirasi serta ikut membantu membangun bangsa hingga sekarang, menampung jutaan stake holder ASTRA hingga karyawan yang tersebar diseluruh pelosok negeri ini. 


Awalnya  perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 oleh William Soerjadjaja, Tjian Kian Tie, dan Liem Peng Hong dengan nama PT. ASTRA International Coorporated di Jakarta, pada tahun tersebut mereka memulai usaha sebagai sebuah perusahaan dagang hingga berkembang pesat dari tahun ketahun menjadi sebuah perusahaan besar yang bergerak hampir disegala bidang di Indonesia, mulai dari bidang otomotif, jasa keuangan, alat berat pertambangan dan energi, agribisnis, infrastruktur dan logistic, teknologi informasi,  hingga property.
 

Tidak mudah untuk sebuah perusahaan dapat mengembangkan bisnis dan jaringan usahanya hingga sebesar ini, memerlukan tingkat kepercayaan dan kepuasan tinggi atas kinerja pelayanan jasa maupun produk yang dihasilkan hingga jasa dan produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut mendapat tempat tersendiri di hati masyarakatnya. 



Memasuki  usianya yang ke 60 tahun, ASTRA mengusung slogan "Satu Indonesia" yang merupakan singkatan dari "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia". Bukan sekedar sebuah slogan, sepanjang perjalanan ASTRA sejak tahun 1957 selalu mendedikasikan hasil karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata Group ASTRA untuk dapat berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. 

ASTRA Group menganut salah satu filosofi Catur Dharma yang mengiringi perjalanan suksesnya selama ini, yaitu "Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara", dengan filosofi tersebut ASTRA mampu membuktikan bahwa dapat menjadi sesuatu dimana setiap perjalanannya dapat menjadi inspirasi dan menjadi kebanggaan bangsa.




Hal ini dibuktikan dengan 200.000 lebih karyawan yang dimiliki oleh ASTRA pada lebih dari 200 anak perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Inidonesia, selain menghasilkan produk-produk serta pelayanan yang berkualitas , ASTRA juga sangat memperhatikan  pelaksanaan tata kelola perusahaan dan tata kelola lingkungan yang baik, dari sini kita dapat belajar agar melakukan segala sesuatunya dengan seimbang, selain itu ASTRA juga berkontribusi dalam menyumbangkan devisa bagi negara.

Selain mengembangkan anak perusahaan di seluruh Indonesia dan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia, ASTRA juga memiki program untuk membantu membangun dan berkontribusi memajukan bangsa diberbagai bidang dengan beberapa programnya, yaitu ASTRA CERDAS, ASTRA HIJAU, ASTRA KREATIF, DAN ASTRA SEHAT.

ASTRA CERDAS memiliki beberapa program dengan misi membantu memajukan dan berkontribusi membangun bangsa dibidang Sumber Daya Manusia (SDM), program tersebut diantaranya adalah Program Rumah Pintar, ASTRA Berbagi Ilmu, Bersekolah Berkarya, dan Beasiswa Lestari ASTRA, program-program tersebut diharapkan dapat membantu anak bangsa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.




ASTRA HIJAU, Sejak 2008 PT ASTRA Tbk dan anak perusahaan nya mencanangkan gerakan penanaman yang siawali dengan gerakan "Satu Karyawan Satu Pohon (SAKASAPO", yaitu gerakan tanam pohon yang melibatkan seluruh karyawan ASTRA diseluruh Indonesia, hal ini membuktikan bahwa ASTRA sangat peduli dengan keseimbangan lingkungan yang mana hal ini sejalan dengan salah satu butir Catur Dharma ASTRA yaitu "Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara"





ASTRA KREATIF merupakan program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas oleh ASTRA yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, program ini memberikan kesempatan untuk para start-up untuk dapat mengembangkan bisnisnya dan dapat menghadapi persaingan.



ASTRA SEHAT, dengan program ini ASTRA mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama melakukan aksi hidup sehat, dengan cara memberikan penyuluhan-penyuluhan oleh ahli tentang kesehatan, memberikan bantuan alat transportasi berupa sepeda motor di Kabupaten Flores, NTT karena tingginya kematian ibu dan bayi akibat medan dan alat transportasi yang minim didaerah tersebut, melakukan aksi #generAKSISEHATIndonesia dan membagikan bantuan kacamata sebanyak 1.505 di Nunukan, dan masih banyak lagi program ASTRA Sehat yang lainnya.




Kiranya terlalu panjang kisah perjalanan sukses ASTRA Group jika harus dituliskan disini, Selain ikut berkontribusi membangun Indonesia, Filosofi yang diamalkan oleh ASTRA Group selama ini begitu sederhana namun penuh makna, yaitu "Menjadi Milik yang Berguna bagi Bangsa dan Negara", dari filosofi sederhana tersebut ASTRA sangat menginspirasi seluruh kalangan di Indonesia diberbagai aspek kehidupan, bahwa menjadi sukses tidak serta merta melupakan hal lain, menjadi sukses tidak lupa berbagi & mengajarkan kebaikan dan saling tolong menolong serta saling support.

8 comments:

  1. Ya ampun, sewaktu sekolah dasar, saya pernah diantar jemput naik kijang kotak seperti yang di foto itu.. tapi bukan versi pick-upnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kijang Kotak emang legend banget ya mba :) sampai sekarang pun mobil kijang masih menjadi mobil keluarga Indonesia 😊

      Delete
  2. Astra group sangat menginspirasi dengan filosfi dan catur dharmanya, selamat buat Astra keren dong

    ok aku follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berul mba, sangat menginspirasi 😊 Thanks ya mba 😊

      Delete
  3. Semoga program2 Astra semakin banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  4. Dan aku baru tau Kijang itu singkatan Kerjasama Indonesia Jepang ya mba *sekalian nambahin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. keren.. ternyata itu singkatan ya?? terima kasih mba fika :*

      Delete

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^