29 March 2013

# Kesehatan # Tips

Solusi Kembung Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi, para wanita sering dihadapkan dengan berbagai masalah, ya jerawat nya, ya nyeri nya, dan yang ga kalah sakitnya adalah kembung. Satu hal ini yang paling sering gue alami saat tamu bulanan ini datang, dan ini sangat menyiksa sampai-sampai mengganggu aktivitas gue. Gue sudah mencari bebrbagai cara mengatasi si kembung ini pada saat menstruasi, tapi ga banyak membantu dan akhirnya gue pergi ke dokter karena sudah merasa ga tahan dengan sakitnya. Tidak hanya sakit yang gue rasa, tapi gue sampai muntah-muntah dalam beberapa hari.


Ternyata untuk mengurangi kembung pada saat menstruasi harus menjaga pola makan beberapa hari sebelum saat tamu bulanan ini datang. Sebagian besar wanita akan memiliki nafsu makan yang tinggi saat PMS, ingin makan ini, ingin makan itu, seperti ibu-ibu yang sedang ngidam. Pada saat ini lah harus nya wanita menjaga pola makan, jika mendekati masanya maka sebaiknya kita tidak boleh terlalu banyak makan, makan lah dalam porsi yang kecil saja. Selain itu kita juga harus sebisa mungkin menghindari asupan garam yang berlebihan pada makanan yang masuk kedalam tubuh, karena garam dapat menyebabkan retensi air dalam perut meningkat dan akhirnya perut akan terasa kembung.

Selain  menjaga pola makan dan asupan garam yang tidak berlebihan, ada baiknya kita juga mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan kalsium, dan kita bisa mendapatkan nya pada buah pisang, susu,  produk olahan susu seperti yougurt, keju, dan lain-lain. 

Tetapi, jika kembung pun sudah terjadi pada saat menstruasi, kita bisa melakukan beberapa upaya untuk mengurangi nya, seperti meminum air jahe hangat, mengoleskan perasan air jeruk nipis yang sudah dicampurkan dengan minyak telon pada perut yang kembung, mengonsumsi yougurt tawar atau pun mengonsumsi buah pepaya. 

Salah besar jika kita memilih minuman bersoda atau semacam nya untuk mengatasi perut kembung, karena jenis minuman itu akan membuat perut akan terasa lebih kembung. Menjaga asupan makanan yang kita konsumsi itu sangat penting, jika kondisi fisik sedang lemah, bisa saja selain nyeri haid dan perut kembung penyakit yang lain bermunculan. Sekedar tips dari gue semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^