15 November 2011

# Lingkungan

Lahan Sawit VS Hutan Lindung

Sekarang lagi rame-rame nya di siarkan di TV tentang pembantaian besar-besaran Orang Utan di Kalimantan Timur, katanya sih Orang Utan tersebut menjadi hama di lahan perkebunan kelapa sawit setempat. Padahal kan Orang Utan adalah hewan yang keberadaan nya dilindungi oleh negara dan sudah mulai langka. Menurut sebuah sumber, sekitar 700 ekor Orang Utan di bunuh setiap tahunnya di Kalimantan Timur ckckck lama kelamaan abis nih species Orang Utan.

Kenapa mereka menyerang perkebunan kelapa sawit setempat dan memakan sawit-sawit yang ada?? jelas lah... karena habitat asli mereka sudah di babat habis, yang awalnya hutan lindung berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit, kemana lagi mereka mencari makan?? ke kota? mini market?
Kesian juga liat foto-foto pembantaiannya di media cetak maupun di televisi.. kejam beeuud sih manusia huhuhu

Pembukaan lahan di Indonesia untuk memenuhi tingginya permintaan dunia akan kelapa sawit jelas menimbulkan ancaman serius bagi lingkungan, khususnya buat Indonesia sendiri. Gimana ga, hutan lindung yang fungsinya penghasil oksigen, penyerap air hujan agar tidak banjir, dibakar dan dibabat habis tanpa sisa serta lahan gambut juga dikeringkan untuk perkebunan, dari situ bisa menimbulkan emisi gas karbon dioksida dalam jumlah besar ke atmosfer loh..!
Industri kelapa sawit emank terdapat pro dan kontra, bagi yang mengejar keuntungan ato uang ato yang biasa disebut dengan investor (khususnya investor asing), ini memang merupakan prospek yang cerah sehingga mereka gencar-gencarnya mengembangkan perkebunan kelapa sawit secara terus menerus pada daerah yang dinilai berpotensi sampai-sampai ga mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan. Ga cuma Orang Utan ato hewan-hewan lain yang akan kehilangan habitat aslinya, tapi bencana juga akan menimpa manusia itu sendiri huhuhu... Perkebunan kelapa sawit kan ga bisa nyerap air secara maksimal seperti hutan lindung. Kalo pembukaan lahan ini dilakukan terus menerus tanpa adanya AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang baik ini akan menjadi bom waktu bagi manusia itu sendiri. Serem deh ngebayangin nya apa yang bakal terjadi ntar... >.<

Berbanding terbalik dengan perkebunan kelapa sawit, hutan lindung sangat kaya akan manfaat bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada didalamnya maupun bagi manusia.
Manfaat nya bisa mencegah banjir, erosi, melindungi hewan tertentu dari kepunahan, serta pemelihara kesuburan tanah.. dan yang ga kalah pentingnya, hutan adalah penghasil oksigen.. yang kita perlukan untuk hidup gan! >.<

Wettsss... seorang anak Geografi ngomong tentang lingkungan nih, udah lama ilmu nya ga kepake, hampir berdebu.. hohoho ^0^v
Oke deh, yang penting kesadaran akan pentingnya memelihara lingkungan harus dimulai dari diri sendiri dulu yah..! kalo ga kita yang mulai, lalu siapa lagi?? (hahaha kaya iklan)

No comments:

Post a Comment

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^