11 August 2011

# Cerita ku

Malaikat Kecil yang Tangguh

Terik mentari, panas dan sesaknya suasanya pasar tak menyurutkan usaha seorang anak kecil berumur 7 tahun untuk dapat bekerja, menjual kue yang dibuat oleh bundanya sendiri, demi membantu bundanya untuk menyambung hidup ia rela mngorbankan masa-masa kecilnya yang seharusnya ia habiskan untuk bermain belajar dengan teman sebayanya. Jika dilihat dari wajah nya, mungkin ia belum begitu mengerti dengan keadaan nya yang sekarang, tapi ia hanya berusaha untuk dapat membantu meringankan beban orang tua nya yang hidupnya sehari-hari sudah pas-pasan. Tidak seperti anak umur 7 tahun kebanyakan, jika ingin membeli sesuatu atau menginginkan sesuatu tinggal meminta pada ayah atau bunda nya, tapi dia berbeda.. ia harus berusaha terlebih dahulu semampunya untuk dapat menjual kue yang dibuat bundanya agar ia dan keluarganya dapat makan hari ini.

Hampir setiap hari ia duduk di bawah tangga di salah satu pasar besar dikota ku, dengan wajahnya yang begitu polos membawa keranjang besar berisi kue yang dibawanya dari rumah dalam jumlah yang besar dan pastinya sangat berat untuk ukuran anak sekecil dia..


Diberi alas dkepala agar tidak terlalu sakit dikepalanya, baju lusuh dan dompet ditangan untuk menyimpan uang.. tak banyak yang menghiraukan nya meskipun banyak orang yang berlalu lalang disana namun ia tak pernah berputus asa, dari pagi hingga sore hari ia tetap berada disana dan berharap hari ini mendapatkan sedikit rejeki dari kue yang dibuat oleh ibunya.
Saya salut terhadap perjuangan nya untuk melawan himpitan ekonomi yang sedang ia dan keluarganya alami, pasti terasa berat bagi seorang ibu untuk menyuruh anak laki-laki kecilnya berjualan kue keliling dipasar, yang seharusnya masih merasakan kesenangan bermain dengan teman-teman, sekolah, dan yang lainnya.. ibu mana yang tak ingin anak nya bisa merasakan kesenangan yang anak lain rasakan? Begitu pula dengan sang malaikat kecil ini, walaupun belum terlalu banyak tau dan mengerti permasalahan hidup yang ia alami, tapi ia berusaha dapat meringankan beban orang tuanya. Tak banyak anak kecil yang mau melakukan pekerjaan seperti ini, entah itu karena malu dan sebagai nya.. malaikat kecil ini benar-benar tangguh.. aku bisa membayangkan seberapa tangguh dan hebat nya dia kelak saat sudah besar dan dewasa nanti.. aku yakin dia pasti akan menjadi seseorang yang sukses dan hebat karena ia sangatlah rajin di usianya yang sangat muda.. Malaikat kecil ini tak mau menjadi pengemis walaupun keluarganya sangat sendang memerlukan uang.. karena menurutnya kerja adalah sebuah kehormatan, ia akan bangga jika pulang kerumah melihat bundanya tersenyum penuh kasih sayang kepadanya yang membawa uang hasil usaha nya sendiri menjual kue-kue yang dibuat bundanya.

Saya yang sudah dewasa saja tak pernah terbayangkan jika saya berada diposisinya, tapi dia hanyalah seorang anak laki-laki kecil yang berumur 7 tahun.. sungguh kuat mental malaikat kecil ini. Semoga Allah selalu menjaga dan memberikan berkah kepada malaikat kecil yang tangguh ini..
Sudah selayaknya kita peka dan peduli terhadap apa yang ada disekitar kita, janganlah kita menutup mata seolah-olah tak ingin tahu-menahu dengan keadaan orang lain. Sebaiknya kita tidak menghamburkan uang kita untuk keperluan yang sebenarnya tak terlalu penting, masih banyak orang-orang yang serba berkekurangan sehingga harus bekerja sendiri lebih keras di usia yang masih sangat muda.

No comments:

Post a Comment

Habis baca, kasih komentar kamu disini ya ^_^